Tol Purbaleunyi Lengang

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Hafidz Muftisany

Ahad 12 Aug 2012 18:19 WIB

Jembatan Tol Purbaleunyi di waktu siang. Foto: Republika/Yogi Ardhi Jembatan Tol Purbaleunyi di waktu siang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Arus pemudik yang melewati empat jalan tol utama dari Jakarta menuju jalur selatan yakni Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Purbaleunyi pada H-7 Lebaran belum menunjukkan peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan. 

Hal tersebut dibuktikan masih lancarnya perjalanan hingga Gerbang Tol Cileunyi, berdasarkan pantauan Republika, Ahad (12/8).Menurut Kepala Shift Jaga Petugas Jasa Marga Gerbang Tol Cileunyi, Agung Gusono jumlah kendaraan yang melalui Gerbang Tol Cileunyi masih jauh di bawah rata-rata hari biasa. 

"Biasanya 10 ribuan kendaraan per hari untuk seluruh jenis kendaraan.  Tapi ini masih di bawah rata-rata," kata Agung kepada Republika, Ahad (12/8). 

Sebagai catatan, Gerbang Tol Cileunyi merupakan pintu keluar bagi pemudik yang akan melanjutkan perjalanannya ke arah Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis hingga beberapa kota di Jawa Tengah.   

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Republika, jumlah kendaraan yang melalui Gerbang Tol Cileunyi sejak pukul 06.00 hingga pukul 14.00 tercatat 7.608 unit kendaraan yang masuk (mengarah ke Jakarta).  Sedangkan jumlah kendaraan yang keluar (mengarah ke Garut dan Tasikmalaya) tercatat berjumlah 8.466 unit kendaraan. 

"Berdasarkan data ini, terlihat arus mudik belum terlihat," kata Agung.  Agung mengaku tidak menduga jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cileunyi masih jauh di bawah rata-rata.  Terlebih, masa libur untuk anak sekolah telah tiba. 

Terpopuler