Polisi Kawal Pemudik Jalur Bakauheni-Bandar Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hazliansyah

Jumat 10 Aug 2012 17:44 WIB

Pemudik sepeda motor Foto: Antara Pemudik sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Para pemudik dari Jawa menuju Lampung dan kota-kota lainnya di Sumatra tak perlu khawatir dengan keamanan diri saat mudik Lebaran. Aparat Polres Lampung Selatan akan mengawal pemudik dari Pelabuhan Bakauheni menuju kota Bandar Lampung.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Tatar Nugroho, pihaknya telah menyebarkan 600 personel ke berbagai tempat dan posko pengamanan untuk mengawal pemudik. "Petugas akan mengamankan jalur pemudik," kata AKBP Tatar Nugroho, seusai apel siaga Operasi Ketupat 2012 Polres Lampung Selatan, Jumat (10/8).

Ia menginstruksi kepada personelnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik yang melintas di wilayah hukum Polres Lampung Selatan dan Pesawaran. Pengamanan jalur pemudik ini untuk memberikan kenyamanan pemudik agar tidak terjadi tindak kriminalitas selama arus mudik.

Polres Lampung Selatan menurunkan 600 personelnya dari berbagai instansi yang tersebar di 15 posko keamanan dan pelayanan mudik di wilayah hukum Polres.  Polres ini mengamankan juga Pelabuhan Bakauheni, yang masuk wilayahnya.

Biasanya, pemudik yang akan menuju kota Bandar Lampung atau Terminal Rajabasa setelah tiba di Pelabuhan Bakauheni pada malam hari, tidak mau melanjutkan perjalanan malam, dan lebih memilih menginap di pelabuhan.

Kapolres menyatakan pemudik dapat melanjutkan perjalanan langsung dari Bakauheni menuju Bandar Lampung, meski malam hari, karena petugas telah mengamankan jalur mudik tersebut.

Ia berharap pemudik dapat meminta bantuan polisi bila ada kesulitan selama menjalani mudik Lebaran. Polres telah menyediakan pos-pos pelayanan yang didalamnya ada petugas jaga.

Terpopuler