Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gelar

Red: Heri Ruslan

Selasa 31 Jul 2012 22:15 WIB

Sejumlah orang membagi-bagikan makanan sahur kepada warga di pinggir jalan dalam acara 'Sahur on the Road'. Foto: Republika Sejumlah orang membagi-bagikan makanan sahur kepada warga di pinggir jalan dalam acara 'Sahur on the Road'.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan "Sahur On The Road" dengan membagikan nasi bungkus dan air minum dalam kemasan di beberapa wilayah di Yogyakarta.

"Kami membagikan sebanyak 270 nasi bungkus dan air minum dalam kemasan kepada tukang becak dan tunawisma yang berada di pinggir jalan," kata penanggung jawab 'Sahur On The Road' Hanif Ihsan di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, ada beberapa titik di Yogyakarta yang menjadi tujuan pembagian sahur. Sejak pukul satu dini hari panitia sudah menuju titik-titik tersebut dengan dibagi menjadi dua tim untuk memaksimalkan tenaga yang ada.

"Tim pertama membagi makanan di daerah Alun-alun Utara, dan Selatan serta di sekitar Taman Pintar, sedangkan tim kedua membaginya di daerah Stasiun Lempuyangan menuju wilayah Ambarrukmo Plaza dan berakhir di Stasiun Tugu," katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu diselenggarakan pada setiap Ramadhan dan bertujuan untuk berbagi dengan sesama manusia yang tidak mampu. Meskipun hanya sebungkus nasi yang dibagikan, pembagian itu diharapkan dapat berarti bagi mereka.

"Kegiatan 'Sahur On The Road' juga berjalan dengan aman dan tertib karena tidak dilaksanakan dengan melakukan konvoi atau semacamnya yang malah menyebabkan keributan dan pelanggaran lalu lintas," katanya.

Menurut dia kegiatan itu merupakan salah satu dari agenda Ramadhan Di Kampus (RDK) yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid KH Ahmad Dahlan UMY.

Kegiatan itu, kata dia, seharusnya diadakan selama bulan Ramadhan, tetapi karena ketebatasan personel maka panitia terpaksa merangkumnya menjadi satu.

"Meskipun dijadikan satu, Insya Allah niat kami untuk memberikan hak bagi mereka bisa tetap dilaksanakan. Kegiatan itu ke depan akan lebih kami tingkatkan," kata Hanif.

Terpopuler