Semarak Ramadhan di Fakultas Kedokteran UI

Rep: Umi Lailatul/ Red: Heri Ruslan

Kamis 26 Jul 2012 17:11 WIB

Fakultas Kedokteran UI Fakultas Kedokteran UI

REPUBLIKA.CO.ID, SALEMBA -- Setiap datang bulan ramadhan beragam acara telah disiapkan oleh berbagai lembaga dan kampus termasuk Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Salemba, Jakarta Pusat.

Kampus yang berlokasi di samping Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini telah menyiapkan beragam acara untuk menambah kekhusyukan bulan suci ini.

‘’Sebelum ramadhan, kita menyelenggarakan tarhib. Tarhib ini adalah ceramah Ramadhan kepada para jemaah. Acara ini dimulai sejak tiga minggu sebelum Ramadhan dan digelar pada pukul 12.00-13.00,’’ kata Anang (30 tahun), pengurus Masjid Attauhid Arief Rahman Hakim (ARH), Salemba UI kepada Republika, Kamis, (26/7). Agenda itu sebagai bekal persiapan para jemaah menghadapi bulan suci Ramadhan.

Sementara itu, untuk acara saat Ramadhan, Panitian Persiapan Kegiatan Ramadhan Masjid ARH telah menyiapkan acara rutin keagamaan maupun acara untuk membangun kepedulian terhadap sesama.

Acara pertama adalah Apresiasi Seni Islam Anak (ASIA). Kegiatan ini merupakan serangkaian perlombaan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Pertama (SMP). Perlombaan itu diantaranya lomba cerdas cermat, menghafal Al-Quran, kaligrafi bagi siswa kelas 4-6 SD dan SMP kelas 1-3. Lomba selanjutnya adalah menggambar, akan diikuti siswa kelas 1-3 SD.

Lomba kaligrafi akan diikuti oleh 20 orang siswa baik SD maupun SMP. Sementara itu, lomba hafalan akan diikuti sebanyak 30 orang baik siswa SD maupun SMP. Untuk lomba menggambar akan diikuti oleh 30 siswa SD kelas 1-3. Selanjutnya, untuk lomba cerdas cermat minimal diikuti oleh 12 grup. ‘’Lomba cerdas cermat targetnya akan diikuti 24 grup (tiga anak masing-masing grup),’’ kata Anang.

Sementara itu, materi pada lomba hafalan adalah surat-surat yang terdapat dalam Jus 30 Al-Quran. Sedangkan materi lomba cerdas cermat, diambil dari mata pelajaran kelas 4-6 SD dan kelas 1-3 SMP. ‘’Tiap kelas mengirimkan satu orang perwakilannya dalam lomba cerdas cermat. Adapun untuk persertanya merupakan siswa di sekitar wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur,‘’ lanjut dia. Seluruh lomba tersebut akan digelar pada Sabtu, 4 Agustus 2012.

Anang menambahkan, acara ini akan memperebutkan beragam hadiah yakni Sertifikat, Piala dan uang. Juara I akan mendapat uang senilai Rp 150 ribu, Juara II Rp 100 ribu dan Juara III Rp 50 ribu.

Acara kedua merupakan acara rutin yang digelar di Masjid ARH FK UI. Mereka diantaranya sholat tarawih berjamaah dan kuliah dzuhur. Dalam sholat tarawih ini terdapat ceramah yang diberikan oleh para ustadz dan pengajar UI. Ceramah Tarawih ini menghadirkan beberapa pembicara seperti Prof dr H Yunizaf SpOG, Prof H Suryadi Sumhudi MA, KH Maulana Kamal Yusuf, DR Hasan Sohibi, MA, Dr. H Yusuf Aman ,MA, dr H Meizi Fahrizal Ahmad, Msi.

Sementara itu, untuk kuliah dhuhur dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis sehabis sholat Dzuhur. Kegiatan ini dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Adapun pembicaranya adalah DR Ahmad Zein An Najah MA, DR Zakky Mubarok, Ma, H Fatuddin Ja'far, MA, H Hasan Kiat, Agus Supriyatna, Mss, SPd, Ustadz dari Atase Arab Saudi. Adapun materi yang disampaikan saat kuliah dzuhur diantaranya seputar Aqidah, Wawasan Islam.

Acara ketiga adalah Bazar Amal. ‘’Ini merupakan tahun pertama diselenggarakan bazar amal. Donaturnya dari mana saja. Sementara itu, untuk para mustahiknya diprioritaskan warga di sekitar Kampus UI. Jumlah mustahik yang akan diberikan sumbangan juga sebanyak-banyaknya, ‘’ kata Anang.

Acara bazar ini akan menampung bantuan dari para donatur berupa Pakaian, Peralatan Rumah Tangga, Alat Elektronik, Sembako, Makanan dan Minuman. Kegiatan itu akan diselenggarakan di sekitar Masjid ARH pada 8-10 Agustus 2012 mendatang.

Agenda keempat, buka puasa bersama gratis kepada masyarakat umum selama Ramadhan berlangsung. Masjid ARH dan Kampus FK UI menyediakan 100 paket nasi box dan takjil untuk buka puasa. Anang menambahkan, pihaknya tidak menyediakan makanan untuk sahur. ‘’ Karena biasanya yang sahur di sini juga sedikit dan sepi,’’ kata dia.

Acara kelima adalah Ramadhan on the Road. Kegiatan ini diselenggarkan oleh Himpunan Mahasiswa FK UI bertema ‘’Asiknya Ramadhan Kedokteran UI (Arteri)’’.

Acara keenam adalah kunjungan mahasiswa calon dokter ini ke Panti Asuhan. Mereka akan mengunjungi Panti Asuhan Anak Chairunnisa, Jakarta Selatan. Dalam acara tersebut, para mahasiswa akan menggelar acara buka bersama dan memberi beberapa game kepada anak yatim di tempat tersebut.  Kegiatan ini akan dilaksakana pada Sabtu, (28/7).

Acara ketujuh adalah tadarus dan diskusi seputar Islam untuk para muslimah. Agenda tersebut diberi nama ‘‘Keputrian Jumat Tadarus For Women’’.

Kegiatan ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama dilaksanakan pada Jumat, (20/7) dengan tema ‘’Keutamaan Puasa bagi Muslimah’’.

Bagian kedua dilaksanakan pada Jumat, (27/7) dengan tema ‘’Menyemai Amal, Menuai Pahala Ramadhan’’. Bagian ketiga dilaksanakan pada Jumat, (3/8) dengan tema Pentingnya Muslimah Mempersiapkan Hari Raya.