BI Bandung Siapkan Rp 1,02 Triliun Uang Receh dan Rp 21 Miliar Uang Logam

Red: Taufik Rachman

Senin 23 Jul 2012 15:57 WIB

Rupiah (ilustrasi) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Rupiah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KBI) Bandung meluncurkan layanan "drive thru" penukaran uang yang digelar di Halaman KBI Bandung Jalan Braga Kota Bandung.

"Mulai Senin ini kas mobile BI dioperasikan di halaman KBI Bandung, jadi warga yang hendak menukar uang pecahan tidak perlu turun atau memarkir kendaraanya," kata Pimpinan Bank Indonesia Bandung, Lucky Fathul Azis di Bandung, Senin.

Menurut Azis, layanan kas mobile untuk layanan "drive thru" khusus untuk penukaran uang itu merupakan yang pertama kali di Indonesia sekaligus menjadi inovasi pertama.

Layanan itu selain untuk melayani penukaran uang menjelang Lebaran, juga bisa dimanfaatkan pada hari-hari biasanya.

"Layanan drive thru penukaran uang di kas mobile itu beroperasi senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, persediaan jumlah pecahannya tak terbatas," kata Lucky.

Uang pecahan yang disediakan adakah pecahan Rp 1.000 hingga Rp 20.000-an. Sedangkan uang pecahan yang biasa banyak diperlukan masyarakat adalah Rp 1.000, Rp 5.000 dan Rp 10.000. "Persediaan uang pecahan kertas mencapai Rp1,02 triliun sedangkan uang logam Rp 21 miliar," katanya.

Selain itu Bank Indonesia Bandung juga akan melakukan pelayanan kas penukaran uang pecahan kecil secara jemput bola di pasar-pasar, mall serta di kawasan industri dengan 3 armada kas mobile.

Khusus untuk stok dana tunai pada Lebaran 2012 ini. KBI Bandung menyediakan Rp 12,8 triliun masing-masing alokasi KBI Bandung Rp 9,5 triliun, KBI Cirebon Rp 2,5 triliun, dan KBI Tasikmalaya senilai Rp 882 miliar.

Terpopuler