ICI Gelar Lomba Pidato Ramadhan Melalui Youtube

Red: Taufik Rachman

 Jumat 20 Jul 2012 10:43 WIB

Youtube.Ilustrasi Foto: . ...

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI) yang bermarkas di Kabupaten Situbondo, Jatim, memeriahkan Ramadhan dengan menggelar lomba pidato bertema puasa atau tentang Islam lewat situs Youtube.

Pendiri Komunitas ICI Rahmat Saputra di Situbondo, Jumat menjelaskan bahwa lomba ini bertujuan memperkaya konten-konten tentang Islam yang kini bertebaran di dunia maya.

"Peserta dapat merekam pidatonya menggunakan handycam, webcam, kamera, ataupun handphone yang kemudian diupload di akun www.youtube.co.id," katanya.

Lomba yang tanpa dipungut biaya ini terbuka untuk berbagai kalangan, seperti santri, pelajar, mahasiswa, dan umum. Isi pidato dapat dipilih sesuai dengan tema, yakni hikmah puasa, budaya yang Islami, bangkitnya generasi muda Islam, Islam yang damai, serta Islam dan sains.

"Isi pidato boleh menggunakan Bahasa Arab atau Inggris. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya, bahkan lebih banyak lebih baik. Semua video yang telah di-'upload' menjadi hak milik panitia penyelenggara dan berhak dipublikasikan," katanya.

Ia menjelaskan bahwa lomba pidato ini dimulai 21 Juli dan berakhir pada tanggal 15 Agustus 2012, kecuali jika ada pemberitahuan perpanjangan waktu. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2012.

Untuk penilaian, juara utama sepenuhnya ditentukan oleh dewan juri, sedangkan juara favorit dilakukan melalui mekanisme voting via youtube.

Panitia akan memilih pemenang pertama dengan hadiah Rp 1 juta, juara kedua Rp 750 ribu, dan ketiga Rp 500 ribu. Semua pemenang akan mendapat sertifikat penghargaan dari panitia.

Untuk juara favorit pertama mendapat Rp 500 ribu, kedua Rp 300 ribu, dan ketiga Rp 150 ribu. Semuanya juga mendapat sertifikat penghargaan.

"Para Pemenang akan dihubungi panitia lewat telepon dan email (surat elektronik, red.). Untuk teknis perekaman, pidato berdurasi minimal tiga menit dan maksimal tujuh menit," kata Rahmat.

Berita Lainnya