Sebagian Umat di Maluku Tengah Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Red: Stevy Maradona

Selasa 30 Aug 2011 02:26 WIB

Idul Fitri Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON-- Sebagian umat Islam di sejumlah desa di Kabupaten Maluku Tengah, Senin malam, sudah menggelar takbiran menyambut Idul Fitri 1432 Hijriah pada Selasa (30/8).

Umat Islam yang telah melaksanakan malam takbiran di Maluku Tengah berada di Desa Kabau dan Kailolo, Pulau Haruku serta Wakal dan Tengah-Tengah, Pulau Ambon.

Seorang tokoh pemuda Desa Kabau, Taher Karepessina, yang dihubungi melalui telepon seluler, mengaku warga di desanya menggelar malam takbiran lebih awal karena disesuaikan dengan waktu pelaksanaan puasa yang oleh warga di Maluku disebut "Kepala Puasa" yakni sehari lebih awal dari jadwal yang ditetapkan secara nasional.

"Tradisi warga desa Kabau berpuasa dan merayakan Lebaran sehari lebih awal dari jadwal yang ditetapkan secara nasional, sudah dilakukan secara turun-temurun dan hanya dilakukan dengan cara melihat bulan," ujarnya.

Dia memastikan umat Muslim Kabau yang bertetangga dengan Desa Kailolo tidak melaksanakan pawai malam takbiran, tetapi dimanfaatkan pemudik dari Ambon dan Masohi, ibu kota kabupaten Malteng untuk bersilaturahim dengan sanak keluarga.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Maluku Husein Toisutta mengatakan, tidak menjadi masalah bila ada umat Islam di Maluku yang melaksanakan malam takbiran lebih awal dari keputusan yang ditetapkan secara nasional.

"Kami tetap berpatokan pada keputusan pemerintah, tapi tidak masalah bagi warga yang menunaikan puasa dan malam takbiran lebih awal, karena sudah merupakan warisan leluhur dengan berpatokan pada posisi bulan," ujarnya.

Toisutta menegaskan, perayaan malam takbiran untuk meluapkan kegembiraan umat merayakan kemenangan lebih awal dari jadwal yang ditetapkan secara nasional tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

"Yang paling penting umat Muslim dapat memaknai peristiwa kemenangan ini dengan benar serta melaksanakan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan setiap hari," ujarnya.

Sedangkan perayaan malam takbiran di Kota Ambon dan sekitarnya diputuskan akan digelar pada Selasa (30/8) malam dan shalat Id pada Rabu (31/8) pagi.

Terpopuler