Pemudik di Merak Mengeluh, ASDP Prioritaskan Jaguar dan BMW Masuk ke Kapal

Red: Stevy Maradona

Sabtu 27 Aug 2011 02:57 WIB

Sejumlah pemudik menggunakan klendaraan roda empat antre untuk masuk kedalam kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (26/8). Foto: Republika/Agung Supriyanto Sejumlah pemudik menggunakan klendaraan roda empat antre untuk masuk kedalam kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK-- Operator Pelabuhan Merak, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry memprioritaskan kendaraan mewah masuk kapal dan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Saya sudah hampir tiga jam menunggu, tapi belum juga masuk kapal untuk menyeberang ke Lampung," kata salah seorang pemudik roda empat, Usman, Sabtu dini hari. Dia menjelaskan, selama tiga jam mengantre di dermaga II, namun dirinya belum juga masuk kapal, sementara, kendaraan mewah seperti BMW dan Jaguar yang baru datang, langsung naik kapal.

"Saya tadi sudah mempertanyakan langsung kepada pemilik kapal dan pihak ASDP, tapi tadi kami dilarang oleh petugas setempat," katanya menambahkan.

Senada diungkapkan oleh Misan. Menurut dia, sudah tiga kali kapal melakukan bongkar muat, tetapi petugas yang mengatur kendaraan roda empat, memprioritaskan kendaraan mewah.

"Tiga kali kapal roro mengangkut mobil, tapi saya yang ada di dekat dermaga II, tidak juga disuruh masuk," katanya. Petugas ASDP tidak memberikan penjelasan kongkrit dan jelas mengenai prioritas kendaraan mewah. "Saya harap, prioritas mobil mewah tidak akan terulang dan terjadi di saat masyarakat sedang antre mudik," katanya.

Sementara itu Direktur Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry, Prasetya B Utomo mengatakan, prioritas kendaraan mewah tidak ada. Menurutnya, kendaraan yang masuk ke kapal berdasarkan kedatangan.

"Tidak ada prioritas kendaraan yang masuk ke kapal lebih dulu. Dan kalaupun ada itu benar. Tapi kami cek dulu, kalau ada akan kami tindak," katanya menjelaskan.

Terpopuler