Enam Puskesmas Kabupaten Serang Siaga 24 Jam

Rep: Agung Sasongko/ Red: Johar Arif

Kamis 25 Aug 2011 17:39 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Menyambut arus mudik tahun 2011, enam Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di wilayah Kabupaten Serang bersiaga 24 jam. Kebijakan itu diberlakukan semenjak H-7 lebaran.

Kepala Tata Usaha (TU), Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DPT), Ciruas, Adang Hadi mengatakan pihaknya telah mempersiapkan tim yang akan melayani pemudik. Tim tersebut terdiri dari 1 dokter umum, 4 perawat, dan 2 bidan. "Intinya kami sudah siap bagi pemudik yang membutuhkan," katanya kepada tim mudik republika, Kamis (25/8).

Selain tim dokter, pihaknya juga mempersiapkan stok obat-obatan yang dibutuhkan, berikut dengan ruang perawatan bagi pasien luka berat. Ia pun memastikan selama lebaran stok obat mencukupi."Biasanya pemudik mengeluhkan diare atau pusing. Tapi kebanyakan hendak mengobati luka-luka akibat kecelakaan," katanya.

Adang menjamin bagi pemudik yang mendapatkan layanan Puskesmas tidak akan dipungut bayaran. Selain itu, apabila puskesmas tidak sanggup melayani pasien lantaran keterbatasan alat akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Serang.

"Silahkan para pemudik untuk datang. Jangan khawatir soal biaya dan layanan, kami siaga 24 jam," kata dia.

Terpopuler