Perkenalkan Islam, Komunitas Muslim Michigan Gelar Buka Bersama

Rep: Agung Sasongko/ Red: Djibril Muhammad

Senin 15 Aug 2011 17:04 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN — Momentum Ramadhan dimanfaatkan betul oleh Komunitas Muslim Suburbs Barat (MCWS) Michigan guna memperkenalkan Islam. Salah satunya, melalui program bertajuk 'Ramadhan: Makanan Bagi Jiwa Saya'. 

"Kita jadikan masjid menjadi tuan rumah pertemuan dan saling menyapa satu sama lain," kata Christina Rountree, anggota dewan komite MCWS, panitia acara, seperti dikutip pacth.com, Senin (15/8).

Rountree menjelaskan program tersebut diawali dengan pemaparan tentang Ramadhan lalu dilanjutkan dengan cara berbuka bersama. "Kami akan mengundang saudara-saudara kami yang Hindu, Kristen, Sikh, dan lainnya untuk datang," ungkap dia.

Setiap tamu yang hadir akan diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana Muslim berdoa dan mengajukan pertanyaan. "Kami tidak meminta orang untuk berpuasa. Kami tidak meminta orang untuk mengenakan jilbab. Kami hanya meminta mereka datang," ujarnya.

Hal menarik lainnya, para tamu undangan yang hadir juga disuguhkan makanan internasional untuk berbuka, seperti misal masakan Cina atau Ethiopia. Acara dimulai pukul 20.30 waktu setempat, atau bertepatan dengan waktu Maghrib. Program ini tidak hanya dilakukan setiap bulan suci Ramadhan tetapi 11 bulan sebelumnya.