150 Ribu Umat Muslim Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Rep: Muhammad Ghufron/ Red: Dewi Mardiani

Ahad 19 Aug 2012 17:02 WIB

Shalat berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta. Foto: Republika/Adhi Wicaksono Shalat berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 150 ribu umat Islam memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Ahad (19/8). Mereka berkumpul untuk menunaikan ibadah shalat sunah Idul Fitri 1433 hijriah yang bertepatan dengan hari ini.

Ratusan jamaah itu tampak sudah mengerumuni masjid terbesar di Asia Tenggara itu sejak pukul 05.00 WIB. Sebagian, ada yang menyempatkan waktu untuk beribadah Shalat Shubuh. "Sengaja datang saat Shubuh," kata Yorman, warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurut Wakil Ketua Amaliyah Masjid Istiqlal, Muhammad Wahyono, ada sekitar 150 ribu umat Muslim yang menyempatkan diri untuk Shalat Idul Fitri 1433 hijirah di masjid setempat. Sementara kapasitas masjid ini memiliki daya tampung maksimal sekitar 200 ribu jamaah.

Shalat sunah itu pun dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Adapun yang bertindak selaku khatib pada shalat sunah di masjid tersebut yakni Prof DR Muhibbin MA dari Rektor IAIN Wali Songo Semarang. Sedangkan yang bertindak sebagai Imam Shalat Id, Syarifuddin Muhammad.