Dimana Anda Shalat Id Besok?

Rep: damanhuri zuhri/ Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 18 Aug 2012 23:20 WIB

Khatib Shalat Jumat, ilustrasi Foto: salmanitb.com Khatib Shalat Jumat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di mana Anda akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1433 H Ahad besok?

Berikut ini informasi penting tentang pelaksanaan shalat Idul Fitri di sejumlah masjid berikut dengan khatibnya. Direktur Pusat Studi Al Qur'an (PSQ) Prof Dr HM Quraish Shihab yang dikenal sebagai pakar tafsir Al Quran dari Universitas Al Azhar Kairo Mesir menjadi khatib Idul Fitri di Masjid Sunda Kelapa Menteng Jakarta Pusat. ''Saya khutbah di Masjid Sunda Kelapa. Temanya, 'Idul Fitri dan Kemerdekaan'' tandas Prof HM Quraish kepada ROL,  Sabtu (18/8).

Prof Dr Azyumardi Azra MA, Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta akan bertugas khatib Idul fitri di Masjid Raya Bani Umar (Wirahadikusuma) di kawasan Bintara Tangerang Selatan. ''Tema khutbah, 'Fitrah, Kedamaian dan Ukhuwah Islamiyah' yang menekankan penting menjaga fitrah setelah Idul Fitri. Karena dengan kesucian, dapat ditingkatkan kedamaian dan ukhuwah dalam kehidupan umat dan bangsa,'' tandas Prof Azyumardi Azra.

Sedangkan, Sekretaris Jenderal World Zakat Forum (WZF) yang juga Guru Besar Ilmu Agama Islam Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS akan bertugas sebagai khatib Idul Fitri di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jalan Sudirman Jakarta. ''Insya Allah, besok khatib di Kemendikbud Jakarta,'' tandas Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Lantas, tema apa yang akan diangkat dalam khutbah idul fitri Ahad besok? Wakil Ketua Pengurus Pleno Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang juga Direktur Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor mengungkapkan tema yang akan dibahas dalam khutbanya soal 'Enam Perilaku Utama Alumni Ramadhan'.