Warga Shalat Taraweh sambil Bikin E-KTP

Red: Didi Purwadi

Senin 23 Jul 2012 07:37 WIB

Petugas operator pemotretan memotret warga yang tengah mengurus e-KTP. Foto: Antara/R Sukendi Petugas operator pemotretan memotret warga yang tengah mengurus e-KTP.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Pemkab Bone Bolango, Gorontalo, melibatkan pihak pengelola masjid dalam upaya perekaman KTP Elektronik (E-KTP). Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango, Sofyan Mohi, mengatakan semua cara dilakukan guna mencapai target pembuatan E-KTP.

Salah satunya adalah pembuatan E-KTP khusus bagi warga yang berada di luar daerah dan kembali berkumpul bersama keluarganya saat awal ramadhan 2012.

"Sudah menjadi tradisi saat awal Ramadan, mereka yang berada di luar daerah pasti akan kembali ke kampungnya masing-masing," kata Sofyan.

Memanfaatkan momentum tersebut, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone Bolango meminta setiap pemerintah kecamatan berkoordinasi dengan kepala desa untuk melakukan perekaman E-KTP. Pelaksanaannya dilakukan di setiap masjid yang ada di masing-masing wilayah.

''Sebab, umumnya semua warga dipastikan akan melakukan sholat taraweh di setiap masjid yang ada di wilayah mereka masing-masing,'' kata Sofyan. ''Pihak pemerintah kecamatan nantinya bisa membawa alat perekam E KTP di masjid."