Bus Terlambat, Penumpang Menumpuk di Terminal Sukabumi

Rep: riga nurul iman/ Red: taufik rachman

Sabtu 03 Sep 2011 17:56 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Sekitar seratus penumpang menumpuk di Terminal Sudirman, Kota Sukabumi, Sabtu (3/9) siang. Mereka terlantar karena bus terlambat datang ke terminal akibat terjebak macet di jalur utama mudik Sukabumi.

Dampaknya, penumpang yang rata-rata tujuan Jakarta dan daerah sekitarnya tersebut berebut naik bus ketika kendaraan tiba di terminal. Para penumpang mayoritas akan kembali ke Jakarta dengan tujuan Kalideres, Kampung Rambutan, dan Pulogadung.

‘’Bus yang masuk terminal lama,’’keluh salah seorang penumpang, Rahmat (33 tahun), yang akan kembali ke Jakarta setelah berlebaran di Sukabumi. Ia sudah datang ke terminal sejak Sabtu pagi, namun terpaksa menunggu lama untuk bisa kembali ke Jakarta.

Kepala Terminal Sudirman, Yusuf Chaery mengatakan, sebenarnya armada bus yang disiapkan untuk mengangkut pemudik cukup banyak. Jumah armada yang disiapkan untuk angkutan lebaran mencapai sebanyak 440 unit armada bus.

Namun, armada bus dengan tujuan Jakarta tertahan akibat kemacetan lalu lintas di sejumlah titik misalnya Cicurug, Cibadak, hingga Cisaat. Akibatnya, para penumpang terpaksa menunggu lama.

Bila tidak terangkut, kata Yusuf, pihaknya akan mengoperasikan sekitar 35 unit armada bus cadagan. Upaya itu untuk menghindari penumpukan.