Penumpang Transjakarta Ragunan, Ancol, dan Monas Membludak

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: cr01

Rabu 31 Aug 2011 12:58 WIB

Bus Transjakarta melaju dengan tenang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (31/8). Foto: Antara/Reza Fitriyanto Bus Transjakarta melaju dengan tenang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jafri (39) bersama istri dan dua orang putrinya hanyalah satu dari ratusan keluarga yang merayakan hari lebaran pertamanya di Monas.

Bus Transjakarta pun menjadi pilihan transportasi bebas macet, meskipun Ia memiliki sebuah mobil. "Enakan naik busway, bebas macet," ujarnya kepada Republika, di dalam busway, Rabu (31/8).

Pihak Transjakarta pun selama lebaran hingga 4 September 2011 menyediakan rute tambahan untuk delapan tujuan. Empat rute di Ragunan, yaitu Cililitan-Ragunan, Ragunan-Harmoni, Ragunan-Grogol, dan Ragunan-Pulo Gadung. Berikutnya empat rute di Ancol, di antaranya Blok M-Ancol, Pulo Gadung-Ancol, Kalideres-Ancol, dan Pluit-Ancol.

Rute Ragunan-Harmoni misalnya, bus Transjakarta dipenuhi oleh pasangan keluarga menuju Monas. Penumpang transit menuju Ragunan di Dukuh Atas bahkan membludak. Antrean penumpang mencapai 500 meter berjejeran sepanjang skyway. Sesekali terdengar teriakan penumpang yang kesal karena bus yang ditunggu kedatangannya sangat terlambat.

Seorang petugas Transjakarta, A Rojali, mengatakan antrean penumpang sudah terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Penumpang tujuan Ragunan, Monas, dan Ancol paling banyak. Ia mengaku kesulitan memberikan kursi prioritas kepada ibu-ibu, khususnya yang membawa putra-putri kecil mereka. "Karena hampir semua penumpang adalah keluarga dan membawa anak-anak," katanya.

Ke-8 rute tambahan tersebut akan beroperasi setiap harinya hingga pukul 20.30-21.00 WIB. Petugas-petugas pun menghimbau agar penumpang tetap waspada dengan keselamatan diri mereka dan barang bawaan.