Kemenperin Resmikan Pameran Busana Muslim

Red: Didi Purwadi

Selasa 31 Jul 2012 15:57 WIB

Sebuah toko khusus perlengkapan busana Muslim Foto: antara.com Sebuah toko khusus perlengkapan busana Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian meresmikan pameran busana Muslim "Produk Busana Muslim" di Plasa Pameran Industri. Pameran bertujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat mode dunia.

"Perkembangan industri busana Muslim di tanah air mulai marak di kota-kota besar di pulau Jawa sejak era 1990-an. Namun, industri ini mencapai puncaknya pada 1995," kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, dalam pidatonya yang disampaikan Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, di Jakarta, Selasa.

Busana Muslim sudah tidak lagi dianggap sebagai simbol seseorang yang fanatik. Tetapi, busana Muslim telah menjadi tren sebagian besar wanita muslim Indonesia.

"Suasana agama di Indonesia sudah sangat terbuka. Oleh karenanya, banyak yang berbusana Muslim ke berbagai tempat, seperti ke perkantoran, sekolah-sekolah, bahkan hotel berbintang," katanya.

Dia menilai busana Muslim tidak hanya dianggap sebagai alat penyempurna ibadah untuk menutup aurat. Tetapi, busana muslim juga sebagai simbol identitas kultural.