Dik Doank Meriahkan Waqaf Sejuta Alquran

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Heri Ruslan

Selasa 31 Jul 2012 06:19 WIB

Dik Doank Dik Doank

REPUBLIKA.CO.ID,  Dik Doank, Ustadz Bachtiar Nasir Lc, Nasyid Justice Voice dan kawan-kawan akan memeriahkan acara Gema Nuzulul Quran yang digelar di lapangan parkir Kalibata Mall, Ahad (4/8).

Acara yang diisi dengan bazar, pentas seni Islami dan tausyiah ini, juga dalam rangka memperingati malam Nuzulul Quran yang diselenggarakan  Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Mall Hidayatullah (BMH).

“Kegiatan ini merupakan program penghimpunan sekaligus penyerahan wakaf Qur’an kepada pihak yang layak mendapatkannya secara serentak ke seluruh pelosok Indonesia,'' ujar Wahyu Rachman Direktur Eksekutif BMH di Jakarta Senin (30/7).

Menurut Wahyu, dengan mengusung momentum Nuzulul Qur’an yakni pertama kali diturunkannya Ayat Suci Alquran kepada Nabi Muhammad SAW akan menjadi penyemarak kembali untuk mengajak masyarakat Indonesia gemar membaca Al Qur’an. Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat muslim menyambut ajakan ini.

Diungkapkan BMH akan mendistribusikan waqaf Al Quran ini ke 50 kabupaten dan kota, 225 pesantren serta 6125 da’i yang tersebar di pelosok dan pedalaman di tanah air. “Antara lain ke Merauke serta pedalaman Papua lainnya, Mentawai, lereng gunung Senduro dan lain sebagainya,” papar Wahyu Rachman.

Wahyu mengungkapkan, kebutuhan wilayah-wilayah tersebut terhadap mushaf Al Quran sangatlah tinggi. Selain jarak tempuh yang jauh, akses untuk memperolehnya masih sangat sulit. “Program ini secara langsung bekerjasama dengan dai-dai yang bermukim di pedalaman. Sehingga wakaf Al Quran akan langsung diterima manfaatnya pada yang membutuhkan.”

Sedang pada acara yang akan digelar sejak pukul 16.30 hingga 23.00 berisi berbagai kegiatan. Ada bazar ramadhan dari program Pemberdayaan Ekonomi Laznas BMH, penampilan seni Islami, shalat maghrib, Isya dan tharawih berjamaah.

Dilanjutkan penghimpunan Waqaf Al Qur’an, penampilan Islamic percussion, tilawah, pembacaan surat/ayat pertama dan terakhir diturunkannya Al Qur’an oleh perwakilan anak dari beberapa pulau di Indonesia yang dilanjutkan penyerahan secara simbolis waqaf Al Qur’an.

Dalam kesempatan tersebut ditampilkan testimoni perwakilan da’i dan masyarakat di daerah selaku penerima waqaf Al Qur’an serta kebutuhan mushaf Al Qur’an di daerahnya melalui tayangan video yang dikirimkan beberapa da’i di pelosok nusantara. ''Insya Allah tausiah akan disampaikan Ustadz Bachtiar Nasir,Lc dan dilanjutkan hiburan nasyid oleh Justice Voice,'' paparnya menjelaskan.

BMH merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang bernaung di bawah ormas Hidayatullah. Sejak didirikan tahun 2001 saat ini telah memiliki 50 kantor di lima wilayah yang tersebar di seluruh tanah air. Selain mengelola Waqaf Al Quran, BMH juga mensupport tiga perguruan tinggi gratis untuk mempersiapkan dai setingkat sarjana yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Syariah, Sekolah Tinggi Lukmanul Hakim dan  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Selain itu juga menyelenggarakan program-program kegiatan berupa Beasiswa Berkah, Sahabat Guru, Sekolah Pemimpin (Integrated Boarding School), 245 Pusat Pendidikan Anak Shaleh, Peduli Bencana Nusantara, Islamic Medical Service (IMS), Bina Ekonomi Berkah, Baitut Tamwil Bina Umat Mandiri. “Sedikitnya ada 30 ribu orang yang menerima manfaat langsung program-program kami,” ujar wahyu Rachman menambahkan.

n damanhuri zuhri