Prittt.. Jukir Panen Rezeki Ramadhan

Red: Didi Purwadi

Ahad 29 Jul 2012 20:22 WIB

Juru Parkir Foto: Antara Juru Parkir

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pendapatan sejumlah juru parkir (jukir) di beberapa rumah makan dan pasar pusat perbelanjaan di Kota Bogor, Jawa Barat, selama bulan Ramadhan turut mengalami peningkatan dari bulan-bulan biasanya.

Mamay (35), juru parkir di salah satu restoran padang ternama yang terletak di Jalan Pajajaran depan Terminal Damri, mengaku pendapatannya selama Ramadhan lebih banyak dari hari-hari biasanya.

"Alhamdulillah, Ramadhan memang membawa berkah," katanya, saat ditemui, Minggu.

Pria tiga orang anak ini mengaku selama Ramadhan ia hanya bekerja dari mulai jam 17.00 WIB hingga restoran tutup di pagi hari. Pendapatan selama setengah hari tersebut sama dengan pendapatan hari-hari biasanya di luar bulan Ramadhan.

"Rata-rata sehari selama Ramadhan bisa dapat Rp 100.000 lebih. Itu sudah di luar setoran ke pemilik restoran," kata dia.

Juru parkir di Pasar Anyar juga meraup untung bulan Ramadhan. Aktivitas pembeli yang mulai meningkat di pasar Anyar membuat tukang parkir kewalahan mengatur kendaraan.

"Kalau sudah menjelang dekat Lebaran, orang-orang sibuk belanja di pasar untuk membeli perlengkapan Lebaran," kata Udin, juru parkir Pasar Anyar. "Kadang saya minta tolong teman biar parkirnya tidak susah."