Ramadhan Jazz Festival Dipadati Pria Berkopiah

Rep: Akbar/ Red: Djibril Muhammad

Jumat 27 Jul 2012 21:24 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ada yang cukup unik dari gelaran Ramadhan Jazz Festival yang digelar di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Jumat (27/7) malam. Gawean yang kini berusia dua tahun ini ternyata dipadati penonton pria berkopiah.

Selain kopiah, sejumlah remaja putri berjilbab dan berkerudung juga banyak yang berseliweran. Mereka membaur dengan para penikmat jazz lainnya.

Kemudian lagi pesta jazz yang digelar di pelataran parkir masjid ini juga menghamparkan karpet shalat. Alhasil, sebagian penonton bisa dengan leluasa duduk sambil bercengkrama dengan rekan-rekannya.

"Semangat Ramadhan Jazz Festival ini ingin mengajak generasi muda masuk masjid lewat tontonan jazz," kata penggagas acara, Agus Setiawan Basuni, dalam perbincangannya kepada Republika.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Remaja Masjid Cut Meutia (RICMA), Mohammad Pradana Indraputra. Ia mengaku seni menjadi cara yang memikat guna menarik kaum muda. "Kita coba meniru apa yang sudah pernah dilakukan oleh Walisongo ketika memperkenalkan Islam dulu," ujarnya.

RJF tahun ini digelar selama dua hari, yakni Jumat-Sabtu. Pesta jazz ini dihadirkan ibadah shalat tarawih yang digelar di Masjid. Dalam gelaran ini tampil di antaranya Tompi, Idang Rasjidi, Dwiki Darmawan, Barry Likumahuwa Project, Agam Hamzah, Ade Irawan, Endah n Rhesa, Ari Pramundito, hingga Beben Jazz.