Hilal tak Terlihat di Sumatera Barat

Red: Heri Ruslan

Kamis 19 Jul 2012 19:41 WIB

Hilal (ilustrasi) Foto: hilalcommittee.com Hilal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  PADANG --  Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat, menyatakan setelah melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menetapkan awal Ramadhan 1433 Hijriah, dinyatakan belum tampak.

Ketua BHR Kementerian Agama wilayah Sumbar Marzuki di Padang, Kamis, mengatakan, setelah dilakukan rukyatul hilal, di kawasn Bukit Lampu, tepatnya di Mercusuar Bungus, kawasan Bukit Lampu Kota Padang, Kecamtan Bungus, tidak terlihat pemunculan hilal.

"Kita bersama tim telah melakukan rukyatul hilal, namun karena awan yang tebal, kita tidak melihat adanya hilal, dan ini telah kita sampaikan ke Kementerian Agama pusat, dan sekarang penetaman awal Ramadhan 1433 Hijriah menunggu ketetapan sidang itsbat," kata Marzuki.

Dia menambahkan, saat ini Kementerian Agama wilayah Sumbar menunggu keputusan dari sidang itsbat tersebut, apakah awal Ramadhan akan ditetapkan pada 20 atau 21 Juli 2012.

Rukyatul hilal di Sumbar sendiri dilakukan pukul 18.27.03, saat matahari tenggelam di daerah tersebut, dengan tinggi bulan saat matahari tenggelam berada pada 01 derajat 46 menit 46 detik.