Sri Sultan HB X Puasa Jumat Besok

Rep: Heri Purwata/ Red: Karta Raharja Ucu

Kamis 19 Jul 2012 14:55 WIB

Sri Sultan Hamengku Buwono X Foto: Antara Sri Sultan Hamengku Buwono X

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Jumat (20/7) esok. Pelaksanaan awal puasa itu berdasarkan penanggalan Keraton Ngayogyakarta.

Pemerintah baru bakal melakukan sidang Isbat pada Kamis (19/7) sore ini, untuk menentukan 1 Ramadhan. Namun, berbeda dengan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah yang sudah jauh-jauh hari menetapkan 1 Ramadhan 1433 Hijriah bertepatan dengan Jumat, 20 Juli 2012.

"Saya ibadah puasa mengikuti tanggalan dari Keraton Yogyakarta. Tanggal 20 (Juli) besok keraton ditetapkan sebagai hari pertama ramadhan," kata Sultan usai mengikuti upacara peringatan HUT Kabupaten Bantul ke 181, di Bantul, Kamis (19/7).

Sultan berharap, jika memang nantinya ada perbedaan awal puasa, jangan sampai berujung ke arah negatif. Sebab, penghargaan dan toleransi antar sesama umat Islam harus tetap dijaga. "Karena ini keyakinan harus saling menghargai," tandasnya.

Lebih lanjut Sultan menyatakan, hari ini sebagian umat muslim ada yang telah melaksanakan ibadah puasa, salah satunya warga muslim di Jember. Karena itu, menurut Sultan perbedaan itu tidak dipermasalahkan.

"Perbedaan keyakinan adalah yang wajar sehingga tak perlu dipermasalahkan. Silakan beribadah puasa sesuai dengan keyakinannya," katanya mengakhiri.