Subhanallah...Setiap Hari, 3000 Warga Ibukota Berbuka Puasa di Masjid Istiqlal

Red: Sadly Rachman

Kamis 18 Aug 2011 13:09 WIB

buka puasa bersama

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA—Sore itu, langit mulai berubah gelap. Sang surya bersiap untuk undur diri. Tugas sang surya menemani warga ibukota yang berpuasa siap digantikan masjid Istiqlal. Ya, masjid terbesar di Indonesia ini, tengah bersiap melayani 3 ribuan orang yang hendak berbuka.

Bagi istiqlal, program buka bersama merupakan salah satu agenda yang digeliatkan selama Ramadhan.  Tak kurang dari 3 ribu nasi boks plus takjil disiapkan panitia.

Wakil Ketua Panitia Amaliah Ramadhan 1432 H, Masjid Istiqlal, Muhammad Wahyono mengatakan jamaah yang berbuka di Istiqlal kebanyakan warga ibukota seperti supir taksi, angkot, tuna wisma,  dan kaum dhuafa. Bahkan adapula kalangan non-Muslim turut serta. Meski demikian, Wahyono memastikan siapapun yang hendak berbuka di masjid Istiqlal dipersilahkan.

Prinsipnya, menurut Wahyono, program berbuka merupakan acara yang didanai oleh amal umat. Karena itu, apa yang berasal dari umat akan dikembalikan pada umat. Jadi, tidak ada alasan untuk membatasi program acara berbuka hanya untuk jamaah istiqlal saja.