Selama Ramadhan, PLN Jamin Listrik tak Padam

Red: Djibril Muhammad

Ahad 24 Jul 2011 15:32 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU - PLN Ranting Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu menjamin aliran listrik tidak akan padam selama bulan Ramadhan di daerah itu. "Kita upayankan selama bulan Ramadhan aliran listrik di wilayah Kabupaten Seluma tidak padam. Sebab, daya listrik yang tersedai dalam keadaan cukup," kata Kepala PLN Ranting Seluma Ahmad Nur Adianto, Ahad (24/7).

Ia mengatakan, selama ini sering matinya aliran listrik di Kabupaten Seluma karena ranting kayu yang jatuh menimpa kabel listrik PLN, sehingga terjadi arus pendek. Akibatnya, aliran jalur tersebut mengalami gangguan beberapa menit. Namun, kemudian aliran kembali normal seperti biasa.

"Biasaya kabel listrik sering ditimpah ranting kayu pada saat hujan disertai angin kencang," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi selama bulan Ramadhan, pihaknya sekarang sedang membersihkan pohon kayu yang ada di sekitar jalur jaringan listrik di daerah itu. "Ranting dan pohon kayu yang dianggap menganggu listrik di Kabupaten Seluma sudah kita pangkas. Jadi, meski hujan lebat disertai angkin kencang tidak menganggu kabel listrik di daerah ini," ujarnya.

Dengan demikian, aliran listrik selama bulan puasa di Kabupaten Seluma tidak terjadi pemadaman. "Jaminan tidak ada pemadalam listrik selama bulan Ramadhan ini Seluma merupakan upaya peningkatan pelayanan kami kepada konsumen di daerah itu," ujarnya.

Kepala PLN Bengkulu Kadarisman mengatakan, pihaknya berusaha selama bulan Ramadhan tidak ada pemadaman listrik di wilayah tersebut. Alasanya, karena daya listrik yang tersedia di Bengkulu sudah sesuai kebutuhan para konsumen di daerah itu.

"Kalau masalah daya listrik di Bengkulu cukup sesuai kebutuhan masyarakat daerah ini. Sebab, sebagian besar jaringan listrik di Bengkulu sudah interkoneksi, sehingga pasokan listrik ke daerah ini stabil," ujarnya.

Selama ini, terjadi pemadaman listrik secara tiba -tiba di Bengkulu karena jaring kabel ditimpa ranting kayu dan pohon tumbang. Namun, menjelang bulan suci Ramadhan ranting dan pohon kayu yang ada disekitar kabel listrik sudah kita bersihkan, sehingga kalau ada angin kencang jaringan kabeli PLN tidak terganggu dan listrik tetap menyala, katanya.