Ambon Siapkan 12 Kapal Jelang Ramadhan

Red: Djibril Muhammad

Jumat 22 Jul 2011 13:34 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON - Menghadapi bulan puasa sampai perayaan idul fitri, Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon menyiapkan 12 kapal feri untuk melayani angkutan umum. Dari 12 kapal feri tersebut sembilan milik ASDP Cabang Ambon dan tiga lainnya milik swasta, kata Manager Operasi ASDP Cabang Ambon, D Mainake di Ambon, Jumat (22/7).

Mainake menjelaskan, awalnya kita siapkan 10 unit feri untuk melayani masyarakat di daerah ini saat melaksanakan ibadah puasa maupun perayaan idul fitri, namun karena KMP Kutilang harus doking maka kita siapkan sembilan unit saja dari pihak ASDP.

Sembilan unit kapal feri itu juga tetap berlayar pada rute pelabuhan masing - masing, yakni untuk pelabuhan penyeberangan Hunimua, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (P Ambon) menuju pelabuhan Waipirit, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (P Seram) dilayani oleh KMP Inalika, KMP Terubuk milik ASDP, dan KMP Berkala Ples Wan, KMP Tanjung Koako milik swasta.

Sedangkan yang melayani rute pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (P Ambon) menuju Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (P Seram) yakni KMP Samandar. Untuk KMP Layur akan melayani pelabuhan Tulehu (P Ambon) menuju pelabuhan Pelau (P Haruku) dan pelabuhan Kulur (P Saparua) pulang - pergi.

Sedangkan arus penyeberangan Pulau Ambon menuju Pulau Buru disiapkan KMP Temi yang berlayar dari pelabuhan Galala, Kecamatan Sirimau - menuju pelabuhan Namlea. Untuk tujuan Namlea (P Buru) menuju Sanana - Mangole (Maluku Utara) yaitu KMP Danau Rana.

Kemudian lintasan pelabuhan Galala (P Ambon) - pelabuhan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, yakni KMP Kerapu. Sedangkan yang melayani penyeberangan dalam teluk Ambon yakni Galala - Poka ada tiga unit yakni KMP Teluk Ambon milik swasta sedangkan dua lainnya milik ASDP yakni KMP Gabus dan KMP Tenggiri.

Mainake menambahkan, sekiranya terjadi lonjakan penumpang maupun kendaraan pihaknya akan menambah frekuensi (trip ekstra) dan ini memang sudah berlangsung dari tahun - ke tahun.