Arus Balik Belum Sebanding Arus Mudik

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Djibril Muhammad

Senin 27 Aug 2012 20:07 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Meski telah memasuki H+8, kendaraan arus balik belum sebanding dengan arus mudik. Jumlah kendaraan keluar Jateng belum mencapai setengah dari jumlah kendaraan yang masuk.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jateng, Urip Sihabudin, menyebutkan, hingga H+8 terdapat sekitar 2,1 juta pemudik belum keluar dari Jateng. Padahal, jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Tengah sebanyak 5,41 juta.

Urip menuturkan, arus balik diperkirakan masih akan terus berlangsung selama pekan ini. Arus balik, menuut Urip, kemungkinan berakhir pada H+15. "Diperkirakan pemudik yang akan keluar jateng masih akan terurai hingga H+10 atau H+15. Selama kurun waktu itu kami akan terus memantau jalannya arus balik," ujarnya, Senin (27/8).

Jumlah pemudik masuk Jateng pada tahun ini, kata Urip, meningkat 1,58 persen dibanding tahun lalu. Pada 2011, pemudik sebanyak 5,3 juta orang. Adapun tahun ini sebanyak 5,41 juta pemudik.

Dibanding kendaraan lain, pemudik motor lah yang meningkat besar. Pemudik sepeda motor, kata Urip, terjadi kenaikan yang sangat besar, yakni sebanyak 50,16 persen. "Kenaikan jumlah pemudik sepeda motor luar biasa besar. Data yang saya terima pemudik bersepeda motor meningkat 50,16 persen," tuturnya.