Pemudik Masih 'Mengalir' di Terminal Kampung Rambutan

Red: Djibril Muhammad

Senin 27 Aug 2012 15:18 WIB

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Foto: swatt-online.com Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Arus kedatangan penumpang masih terus terjadi di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur meskipun aktivitas kerja telah kembali normal. "Jumlah kedatangan pemudik dari subuh tadi masih luar biasa," kata Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Dwi Prayitno di Jakarta, Senin (27/8).

Dwi Prayitno mengatakan jumlah pemudik yang masih berdatangan di terminal karena aktivitas sekolah baru akan dimulai pada Selasa. "Hari ini suasana arus balik masih terasa," kata dia.

Jumlah kedatangan di Terminal Kampung Rambutan, menurut dia, masih didominasi oleh pemudik yang berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat. Dari 47 trayek, sebanyak 21 trayek jurusan sejumlah daerah di Jawa Barat, 13 trayek jurusan Jawa Tengah, delapan trayek jurusan Sumatera dan lima trayek jurusan Jawa Timur, kata dia.

Dia memperkirakan jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan pada Selasa akan normal karena semua aktivitas seperti kerja dan sekolah sudah berjalan kembali. Petugas di Terminal kampung rambutan masih bersiaga hingga H+9 dalam mengahadapi arus balik lebaran, kata dia.

Setelah selesai arus balik, akan dilakukan evaluasi sebagai acuan dalam menghadapi arus mudik dan arus balik tahun depan. Berdasarkan pantauan dilapangan, pos pengamanan lebaran yang berada di Terminal Kampung Rambutan sudah mulai dibongkar dan aktivitas di posko kesehatan juga sudah sepi.

Posko pengamanan oleh kepolisian hanya sampai H+7 sehingga poskonya sudah mulai dibongkar, kata Dwi. Dia berharap arus mudik dan arus balik tahun depan lebih baik dari tahun ini.

Menurut data angkutan lebaran di Terminal Bus Kampung Rambutan, puncak kedatangan pemudik pada arus balik lebaran mencapai 38.991 orang dan 731 bus yang dihitung dari minggu pukul 08.00 WIB hingga Senin pukul 08.00 WIB.