Arus Balik di Pelabuhan Merak Bergerak Lancar

Red: Didi Purwadi

Ahad 26 Aug 2012 09:58 WIB

 Para pemudik yang menggunakan kapal roro tiba di dermaga pelabuhan Merak, Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8).(Agung Supriyanto/Republika) Para pemudik yang menggunakan kapal roro tiba di dermaga pelabuhan Merak, Banten, usai pulang dari kampung halaman, Kamis (23/8).(Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Arus balik Lebaran di Pelabuhan Merak, Banten, hingga saat ini bejalancar tanpa antrean kendaraan maupun penumpukan penumpang pejalan kaki.

Berdasarkan pantauan Ahad pagi, ribuan penumpang pemudik Lebaran dari Sumatera menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak terlihat padat sejak Sabtu sore hingga dinihari. Kepadatan kendaraan tersebut hingga kini tidak menimbulkan kemacetan maupun berdesak-desakan penumpang.

"Semua penumpang dan kendaraan berjalan lancar dan tertib," kata Petugas Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Merak, Mario S Oetomo, di Merak.

Ia mengatakan diperkirakan pada H+6 jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Merak dari Bakauheni, Lampung, mencapai 120 ribu orang. Jumlah kendaraan mencapai 30 ribu unit.

''Pada Senin (27/8) pemudik kembali bekerja dan anak-anak masuk sekolah," katanya. "Saya kira hari ini puncak arus balik Lebaran dan sekitar 90 persen pemudik dari Sumatera sudah kembali ke Pulau Jawa."