Jalur Alternatif Majalengka Tembus GT Sadang Ramai Lancar

Red: Hazliansyah

Jumat 24 Aug 2012 09:43 WIB

Kendaraan berjubel di salah satu ruas jalan Indramayu-Losarang, Jawa Barat, Ahad (4/9). Mulai Ahad dini hari puncak arus balik sudah terjadi di Pantura dengan padatnya kendaraan di beberapa titik kemacetan. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan berjubel di salah satu ruas jalan Indramayu-Losarang, Jawa Barat, Ahad (4/9). Mulai Ahad dini hari puncak arus balik sudah terjadi di Pantura dengan padatnya kendaraan di beberapa titik kemacetan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Memasuki H+4 Lebaran 2012, situasi arus balik melalui jalur alternatif Majalengka arah pantura melalui Cijelag dengan tujuan Cikamurang hingga tembus pintu tol Sadang Purwakarta, Jumat terpantau ramai lancar. Di jalur ini, pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat meningkat dibanding pemudik bersepeda motor.

Setelah waktu shalat subuh, sejumlah pemudik dari arah Ciamis dan Palimanan, Kabupaten Cirebon terus mengalir dengan volume kendaraan cukup meningkat dibandingkan dengan sebelumnya.

Petugas Pos Pengamanan Cikamurang Indramayu Brigadir Hartanto mengatakan, arus balik di Majalengkan melalui Cijelag arah Cikamurang masih tetap ramai lancar dengan jumlah kendaraan roda empat cukup banyak dibandingkan dengan roda dua.

Pemudik pada H+4 Lebaran biasanya memilih jalur tengah alternatif dari Majalengka arah Cikamurang supaya mereka bisa terhindar dari kepadatan arus lalu lintas di jalur utama pantura.

Seorang pemudik balik menggunakan kendaraan roda empat, Ruli, di Cikamurang mengatakan, arus lalu lintas arah jalur utama pantura dari Tegal Karang menuju Kabupaten Indramayu padat dengan berbagai kendaraan melaju secara merayap, sehingga dirinya memilih jalur tengah Cikamurang. Arus lalu lintas di jalur itu nyaman dan terhindar kepadatan kendaraan.

Jalur alternatif Cikamurang, kata dia, menjadi pilihan pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat karena selain bisa menghindari sejumlah pasar tumpah, lalu lintas lancar meski volume kendaraan meningkat.

Terpopuler