Pengendara Motor Diimbau Balik Lebih Awal

Red: Chairul Akhmad

Kamis 23 Aug 2012 21:01 WIB

Pemudik motor (ilustrasi). Foto: Antara/Puspa Perwitasari Pemudik motor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO – Pemudik Hari Rraya Idul Fitri ke Provinsi Gorontalo, Palu dan Poso Sulawesi Tengah, hingga ke Makassar Sulawesi Selatan yang menggunakan sepeda motor diharapkan dapat melakukan perjalan lebih awal.

"Sedapat mungkin bisa melakukan perjalanan lebih awal sehingga tidak terburu-buru atau bersamaan dengan kendaraan bus atau kendaraan pribadi yang akan melakukan perjalanan balik ke Kota Manado," kata Kepala Dinas Perhubungan, komunikasi dan informatika Provinsi Sulawesi Utara, Parlindungan Tampubolon, Kamis (23/8).

Menurut dia, apabila pengendara motor balik ke Manado bersamaan dengan pengguna kendaraan roda empat pada saat arus balik padat, peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas sangat besar, akibat terserempet atau berlaku ugal-ugalan selama perjalanan karena dikejar waktu.

Parlindungan menambahkan, pada Sabtu (25/8) dan Ahad (26/8), pergerakan arus balik akan meningkat karena aktivitas perkantoran pemerintah dan swasta akan efektif dibuka pada Senin (27/8).

"Bila kembali lebih awal, pasti tidak akan terburu-buru. Kalau lelah akan beristirahat karena waktu yang tersedia cukup banyak," kata dia.

Selain pengendara sepeda motor, ia juga mengingatkan agar pengemudi kendaraan sewa tidak memacu kencang kendaraannya hanya karena ingin mengejar setoran, karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.