Arus Balik di Bantul Mulai Padat

Red: Hafidz Muftisany

Rabu 22 Aug 2012 10:37 WIB

Sepeda motor dominasi arus balik Foto: ant Sepeda motor dominasi arus balik

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL- Lalu lintas yang didominasi arus balik Lebaran 2012 di sejumlah ruas jalan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga hari keempat Lebaran ini mulai padat.

Pantauan di lokasi, Rabu (22/8), sejumlah ruas jalan yang merupakan jalur alternatif seperti Jalan Bantul, Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur serta Jalan Raya Srandakan mulai dipadati kendaraan roda empat baik lokal maupun luar daerah.

Kepadatan kendaraan roda empat didominasi plat luar daerah seperti Jakarta (B), Semarang (H), Magelang (AA) dan Surabaya (L) yang mulai meninggalkan Bantul maupun yang mampir ke sejumlah objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Padatnya lalu lintas kendaraan juga terjadi di jalur wisata menuju objek wisata Pantai Parangtritis, jalur ini selama beberapa hari selalu dipadati arus wisatawan dari berbagai daerah.

Menurut salah seorang pengendara, Asep mengatakan bersama keluarga akan melakukan perjalanan ke Surabaya setelah merayakan hari Lebaran bersama keluarga di rumah orang tua di Desa Tamanan, Bantul.

"Ini mau ke Surabaya, karena besok (Kamis) saya sudah masuk kerja, sudah tiap tahun saya mudik saat Lebaran," katanya yang berharap dapat melaksanakan perjalanan dengan lancar.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Edy Susanto mengatakan, pihaknya memprediksi peningkatan arus balik Lebaran tahun ini mengalami puncak pada H+4 Lebaran.

"Jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 1,3 persen jika dibanding dengan jumlah pemudik Lebaran 2011 yang berjumlah sebanyak 21.024 orang," katanya.