Antrean Pembayaran di Pintu Tol Cikopo Mengular Sampai KM 69

Rep: Andhi Iqbal/ Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 18 Aug 2012 04:01 WIB

Puluhan ribu kendaraan melintas di tol cikampek menuju pintu keluar tol cikampek,Cikampek, Rabu (15/8). Foto: Agung Fatma Putra Puluhan ribu kendaraan melintas di tol cikampek menuju pintu keluar tol cikampek,Cikampek, Rabu (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Akibat antrean pembayaran di Pintu keluar Tol Cikopo/Cikampek (KM 72),lalu lintas padat mulai terjadi dari KM 69. Kendaraan perlahan lahan bergerak, namun hingga pukul 04.00 Wib, kemacetan bertambah karena banyaknya kendaraan yang masuk.

Beberapa pengemudi terlihat sibuk memainkan gadget dan ponsel yang digunakan saat menunggu kemacetan yang sudah terjadi hampir satu jam. "Beruntung sudah ada teknologi jejaring sosial yang memungkinkan bisa membunuh waktu yang melelahkan, kami bisa berhubungan dengan teman dan kerabat dan mengabarkan kondisi kemacetan terakhir," kata Laily (35), pemudik asal Tangerang.

Melalui BlackBerry, dia bisa berhubungan dengan teman dan kerabatnya yang juga terjebak di jalur Pantura atau di kawasan Cikampek.  "Saya lebih beruntung sudah sampai di Cicalengka, teman saya masih di Cikampek, ada juga yang terjebak di Sukamandi jalur Pantura," katanya. Bertukar informasi, kabar, atau sekedar narsis pajang foto remeh-temeh, sah-sah saja di jejaring sosial itu.

Melalui chating seperti itu, ia bisa membunuh kejenuhan duduk di kursi pengemudi sambil meunggu giliran membayar tiket tol.