Pemudik Mulai Penuhi Terminal Kampung Rambutan

Rep: MG04/ Red: Karta Raharja Ucu

Senin 13 Aug 2012 16:40 WIB

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Foto: swatt-online.com Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurang dari satu pekan menjelang Idul Fitri, Terminal Kampung Rambutan mulai dipadati penumpang. Meski belum mencapai puncaknya, para penumpang yang ingin mudik mulai berdatangan.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Dwi Basuki memprediksi hari ini adalah awal mula Terminal Kampung Rambutan dipenuhi penumpang. "Hari ini sudah mulai terasa, tetapi bukan lonjakan. Jika peningkatan yang signifikan baru terasa H-7. Tapi itu frekuensinya masih sangat kecil," kata Dwi Basuki saat berbincang dengan ROL, akhir pekan lalu.

Menurutnya, puncak arus mudik di terminal rambutan diperkirakan terjadi pada H-4 dan H-3. Demi kenyamanan dan keamanan para pemudik, Dwi mengaku pihaknya sudah mempersiapkan pelayanan dan mengantisipasi kemungkinan terburuk dalam perjalanan. Yakni pengecekan kelaikan kendaraan angkutan mudik, pengecekan kesehatan pengemudi, pos kesehatan dan pos keamanan. 

Selain itu, jumlah bus angkutan lebaran juga ditambah. "Kalau normalnya kan sekitar 500-600 bus, tapi untuk Lebaran ini nanti ada 700-800 bus," ungkap Basuki.

Data yang berhasil dihimpun, Pada Kamis (9/8), ada 481 bus yang diberangkatkan, dengan 2.191 penumpang dan bus yang tiba terdapat 472 bus, dengan 5.058 penumpang tiba. Sementara Jumat (10/8). Terdapat 500 bus yang diberangkatkan dengan 4.048 penumpang, sedangkan bus yang tiba ada 482 bus, dengan 5.345 penumpang datang.