Tiga Pasar Tumpah di Karawang Rawan Macet

Red: Taufik Rachman

Jumat 10 Aug 2012 23:35 WIB

Salah satu pasar tumpah di jalur Pantura Foto: ant Salah satu pasar tumpah di jalur Pantura

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANGT--Tiga pasar tumpah dipastikan akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas jalur mudik khusus sepeda motor wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiat, Jumat, mengaku akan menjadikan perhatian serius keberadaan pasar tumpah di wilayah jalur mudik khusus sepeda motor itu, agar tidak mengganggu kelancaran arus mudik.

Para pedagang di tiga pasar tumpah itu terlihat menjual barang dagangannya dengan "memakan" hampir sebagian jalan pada jalur mudik khusus sepeda motor tersebut, sehingga arus lalu lintas pada jalur itu terganggu.

Tiga pasar tumpah yang dipastikan akan mengganggu arus lalu lintas jalur mudik khusus sepeda motor itu ialah pasar tumpah di Pasar Telagasari, Pasar Lemahabang Wadas, dan Pasar Gempol.

Menurut Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiat, sepanjang sisi jalan raya di sekitar pasar tumpah itu akan pasang pembatas jalan terbuat dari beton (barrier) serta akan dikawal petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karawang.

"Dengan dipasangnya barrier di sepanjang sisi jalan raya sekitar pasar tumpah, maka pedagang dan pembeli tidak akan melewati barrier itu. Barrier itu tidak bisa digeser, karena sangat berat," katanya.

Dikatakannya, pemasangan pembatas jalan terbuat dari beton itu tidak hanya dipasang di sekitar pasar tumpah jalur mudik khusus sepeda motor.

Pasar tumpah yang berada di jalur utama seperti di Cikampek, Kosambi, dan lain-lain juga akan dipasangi barrier, agar tidak mengganggu arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Dalam mengatasi pasar tumpah, kami akan memasang pembatas jalan dari beton di sekitar pasar tumpah itu dan juga akan berkoordinasi kepada Satpol PP," katanya.