Jumat, 24 Zulqaidah 1435 / 19 September 2014
find us on : 
  Login |  Register
Jumat, 27 Juli 2012, 18:28 WIB

Puncak Mudik Lebaran Diprekirakan 16 Agustus

ANTARA/M Agung Rajasa
Perjalanan Mudik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Puncak arus mudik pada libur perayaan Lebaran tahun 2012 ini diperkirakan akan terjadi pada 16 Agusutus 2012.

"Diperkirakan pada H-3 akan terjadi puncak terjadinya mobilitas orang dan kendaraan yang akan mudik," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso di Jakarta, Jumat.

Menurut Suroyo, puncak arus mudik ini di wilayah ibukota akan tersebar secara merata dari berbagai daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Sedangkan prakiraan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi antara H+4 atau 24 Agustus 2012 hingga H+5 atau 25 Agustus 2012.

Sementara prakiraan puncak arus mudik untuk angkutan udara juga diperkirakan terjadi pada tanggal 16 Agustus dan prakiraan puncak arus balik angkutan udara adalah 26 Agustus.

Terkait prediksi jumlah penumpang, ia mengemukakan bahwa jumlah prediksi penumpang angkutan jalan pada 2012 adalah 5,59 juta orang atau tumbuh 1,3 persen YOY, sementara jumlah prediksi penumpang angkutan sungai, danau dan penyeberangan sebanyak 3,38 juta orang atau tumbuh 4,2 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

Untuk jumlah penumpang angkutan kereta api diperkirakan sebesar 2,21 juta orang atau tumbuh 16,32 persen, sementara jumlah penumpang angkutan laut diprediksi mencapai 1,53 juta orang atay tumbuh 5 persen dibanding Lebarang tahun lalu.

Selain itu, jumlah penumpang angkutan udara diperkirakan 3,28 juta orang atau tumbuh 10 persen. Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu akan mulai dibuka di Kementerian Perhubungan sejak tanggal 10 Agustus 2012.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)