Puncak Lumpuh

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 18:51 WIB

Kemacetan yang terjadi di Puncak, Bogor, Jawa Barat Kemacetan yang terjadi di Puncak, Bogor, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR - Kemacetan parah melanda jalur menuju kawasan wisata Puncak, Jawa Barat, Jum'at (2/9). Kemacetan bahkan telah terjadi selapas pintu keluar tol Jagorawi. Akibat kemacetan ini, ribuan kendaraan terpaksa berdiam dalam kendaraannya selama sekitar tiga jam.

Dari pantauan Republika, kepadatan sudah terasa ketika memasuki gerbang tol Cibubur. Volume kendaraan yang umumnya dari Jakarta makin menyemut ketika melewati Bogor menuju Ciawi.

Umumnya kendaraan yang melintas adalah mobil pribadi roda empat yang hendak merayakan libur Idul Fitri bersama keluarga. "Memang ini sesuai prediksi kita bahwa puncak kepadatan terjadi para hari Jumat," ujar operator pengendali lalu lintas Jagorawi, Maryadi.

Kemacetan diprediksi masih akan terjadi hingga Ahad (4/9) sore. Di hari itu, kendaraan diprediksi akan semakin menyemut mengingat wisatawan akan berbaur dengan para pemudik yang selesai menjalankan ritual Idul Fitri di kampung halaman.

Kemacetan sendiri belum mereda hingga petang hari di kawasan puncak. Kepadatan sempat sedikit terurai ketika polisi memberlakukan jalur satu arah ke arah Puncak. Walau begitu, potensi kemacetan yang makin parah mengancam wisatawan karena jumlah volume kendaraan makin meningkat.

"Kami harapkan lebih sabar dan tidak memaksakan kendaraannya agar segera sampai ke tempat tujuan. Yang terpenting tertib dan selamat," pungkas Maryadi.