Puncak-Ciawi Padat Merayap

Rep: C24/ Red: Didi Purwadi

Jumat 02 Sep 2011 18:44 WIB

Kemacetan jalur puncak Foto: www.budibach.com Kemacetan jalur puncak

REPUBLIKA.CO.ID,CIAWI - Kemacetan parah terjadi di Jalan Tajur, Bogor. Para pengendara harus ekstra sabar.

Kemacetan terjadi karena kendaraan arus balik dan arus wisata bercampur. Ha ini membuat volume kendaraan meningkat sehingga jalur jalan menjadi sempit.

Kondisi kian parah karena kendaraan yang berasal dari kawasan puncak itu banyak yang singgah ke pusat-pusat penjualan oleh-oleh di sepanjang Jalan Tajur. Ketidak-disiplinan para pengguna jalan, yang banyak menggunakan ruas jalan berlawanan, turut pula menjadi penyebab kemacetan.

Sementara, arus lalulintas dari kawasan wisata Puncak (Taman Safari Indonesia) hingga ke Pasar Cisarua terpantau padat merayap. Kepolisian memberlakukan jalur satu arah sejak sekitar jam empat sore untuk kendaraan yang akan menuju Ciawi Bogor. Rata-rata kecepatan kendaraan berkisar antara 20 sampai 30 kilometer per jam.

Selepas dari Pasar Cisarua menuju Megamendung hingga ke Cipayung, arus kendaraan terpantau lancar. Sebaliknya, kemacetan parah justru terjadi di persimpangan Gadok. Antrian kendaraan mencapai beberapa kilometer ke arah Ciawi. Kendaraan ini terpaksa menunggu karena Kepolisian masih menutup akses jalan menuju puncak.