Polda Banten Sebut Arus Mudik Lebaran Lancar Meski Jumlah Pemudik Meningkat

Red: Qommarria Rostanti

Kamis 18 Apr 2024 23:31 WIB

Kendaraan roda empat yang didominasi pemudik (ilustrasi). Polda Banten menyatakan arus mudik tahun ini berjalancar aman. Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan Kendaraan roda empat yang didominasi pemudik (ilustrasi). Polda Banten menyatakan arus mudik tahun ini berjalancar aman.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kepolisian Daerah (Polda) Banten menyatakan arus mudik Lebaran 2024 di provinsi tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombespol Leganek Mawardi mengatakan berdasarkan pantauan di lapangan, pelaksanaan arus mudik Lebaran 2024 tidak ada hambatan dan gangguan yang krusial.

"Secara keseluruhan perjalanan mudik dan arus balik Lebaran 2024 di wilayah Polda Banten ini berjalan dengan kondusif, aman, dan lancar," kata dia, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga

Polda Banten telah melaksanakan Operasi Ketupat Maung 2024 yang berlangsung mulai 4-16 April 2024 dengan melibatkan jumlah personel pengamanan gabungan sebanyak 3.554 Personel yang terdiri atas TNI, Polri dan instansi terkait lainnya. Dia mengatakan Operasi Ketupat Maung 2024 memiliki sasaran pengamanan meliputi kegiatan arus mudik dan arus balik lebaran serta pengamanan objek wisata pada saat libur Lebaran.

"Operasi Ketupat Maung 2024 ini terbilang sukses karena proses pengamanan arus mudik, arus balik Lebaran serta pengamanan jalur wisata dapat berjalan aman dan lancar," katanya.

Hal ini, kata dia, berkaitan dengan tindakan Kepolisian yang melakukan berupa pengaturan arus lalu lintas, pengawalan pemudik, serta rekayasa arus lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas berdasarkan situasi lalu lintas terkini di sepanjang jalur objek pengamanan. Menurut dia, arus mudik tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu dan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (6/4/2024) atau H-4 Lebaran dengan jumlah penumpang sekitar 159.766 orang dan pada Ahad (7/4/2024) dengan jumlah penumpang sekitar 171.728 orang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak, Ciwandan dan BBJ menuju pulau Sumatra.

Terpopuler