Kunjungan Wisatawan di Majalengka Naik 300 Persen Saat Lebaran

Red: Ani Nursalikah

Selasa 16 Apr 2024 18:28 WIB

Situ Cipanten, Majalengka, Jawa Barat Foto: Istimewa Situ Cipanten, Majalengka, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, Jawa Barat, mengungkapkan jumlah wisatawan yang berlibur ke daerahnya meningkat sampai 300 persen pada H+4 Lebaran atau Ahad (14/4/2024).

 

Baca Juga

Penjabat Bupati Majalengka Dedi Supandi menyebutkan kunjungan wisatawan dalam kurun waktu tersebut sebanyak 28.300 orang atau jauh lebih tinggi dari realisasi di periode sama 2023 yang totalnya 7.821 orang.

 

“Lonjakan ini menandakan jika objek wisata di Majalengka kian diminati. Artinya banyak turis yang berlibur dan berekreasi di Majalengka,” katanya di Majalengka, Jabar, Selasa (16/4/2024).

 

Dari 186 lokasi wisata di Majalengka, mayoritas pelancong memilih kolam renang sebagai destinasi favorit untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Kendati begitu, Dedi mengatakan sebagian besar objek wisata di Majalengka mengalami peningkatan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.

 

Ia mencontohkan misalnya pada Situ Cipanten yang dipadati sebanyak 19.749 orang atau angkanya meningkat sekitar 3.188 pengunjung dibandingkan tahun lalu.

 

“Destinasi lainnya yang mengalami peningkatan kunjungan, yaitu Terasering Panyaweuyan sebanyak 13.504 orang atau naik 7.420 orang dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

 

Menurut dia, lonjakan kunjungan turis ini tidak bisa dilepaskan begitu saja dari peran seluruh pihak yang telah membantu memajukan sektor pariwisata di Majalengka. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir sejumlah insan pers, pegiat media sosial maupun komunitas sudah memopulerkan destinasi wisata yang ada di Majalengka.

 

“Dari penyebaran informasi serta konten yang masif, dampaknya sangat signifikan untuk kepopuleran destinasi wisata Majalengka,” katanya.

 

Pemkab Majalengka pun turut mengapresiasi kinerja dinas terkait yang sudah fokus mengembangkan sektor wisata di daerahnya. “Harapan kami ke depan kunjungan wisatawan terus bertambah dengan ditunjang sarana dan prasarana yang lebih berkembang,” ucap dia.

Terpopuler