PMI Majalengka Pastikan Stok Darah Aman Selama Libur Lebaran

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Senin 15 Apr 2024 17:52 WIB

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukan stok darah di PMI Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto: ANTARA/Adeng Bustomi Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menunjukan stok darah di PMI Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Stok darah yang tersedia di PMI Kabupaten Majalengka dipastikan aman selama masa libur Lebaran Idul Fitri 2024. Petugas PMI Majalengka pun disiagakan di posko kesehatan Rest Area KM 166 Tol Cipali untuk melayani para pemudik yang membutuhkan pertolongan.

Ketua PMI Kabupaten Majalengka, Momon Lentuk, menyebutkan, stok darah yang tersedia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Majalengka pada bulan ini kurang lebih 1.300 labu.

Baca Juga

"Stok darah di PMI Majalengka dari mulai Ramadhan sampai libur Lebaran ini aman," ujar Momon, Senin (15/4/2024).

Menurut Momon, untuk memenuhi stok darah itu, pihaknya terus menggelar aksi donor darah, termasuk saat bulan Ramadhan. Selama Ramadhan, kegiatan donor darah dilaksanakan hampir setiap malam usai sholat tarawih.

Kegiatan donor darah itu dilaksanakan di balai desa maupun masjid-masjid di berbagai wilayah di Kabupaten Majalengka. Aksi donor darah pun disambut cukup antusias oleh masyarakat.

Tak hanya pada malam hari, pelayanan di UDD PMI Kabupaten Majalengka pada siang hari pun tetap berjalan. "Alhamdulillah, hasil donor darah selama bulan Ramadhan sama seperti hari biasa," kata Momon.

Momon mengakui, kebutuhan darah di Kabupaten Majalengka rata-rata mencapai 2000 labu per bulannya. Selama ini, PMI Majalengka biasanya hanya mampu memenuhi sekitar 1.300 labu.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, kata Momon, PMI Kabupaten Majalengka biasanya meminta pasokan darah dari PMI Jawa Barat maupun daerah sekitar.

"Pada prinsipnya kami siap memenuhi kebutuhan darah, baik melalui donor darah  maupun dari PMI Jawa Barat," kata Momon.

Momon menambahkan, selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024, petugas PMI Kabupaten Majalengka juga disiagakan di posko kesehatan Rest Area KM 166 Tol Cipali. Mereka bersiaga membantu para pemudik yang mengalami keluhan sakit.

Selama arus mudik ini, sedikitnya ada 42 pemudik yang ditangani petugas kesehatan di posko tersebut. Mereka sebagian besar mengalami keluhan kesehatan akibat kelelahan.

Terpopuler