Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik di Jalan Tol Terjadi Hari Ini

Red: Bilal Ramadhan

Senin 15 Apr 2024 09:50 WIB

Suasana di Gerbang Tol Cikampek Uama 2, Ahad (14/4/2024). Jasa Marga memprediksi puncak arus balik di jalan tol menuju Cikampek Utama hari ini. Foto: karta rahardja ucu/republika Suasana di Gerbang Tol Cikampek Uama 2, Ahad (14/4/2024). Jasa Marga memprediksi puncak arus balik di jalan tol menuju Cikampek Utama hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah terjadi pada Senin (15/4/2024). Sehingga jumlah kendaraan yang melalui tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama meningkat.

"Saat ini memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta tapi akan jauh lebih meningkat pada Senin," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani di Cikampek.

Baca Juga

Ia mengatakan volume lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102 ribu kendaraan.

"Jumlah ini naik 168 persen dari volume lalu lintas normal," kata dia.

Ia mengatakan padatnya kendaraan terjadi karena ramainya warga yang berkendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. "Ini terjadi karena pemberlakuan one way tapi ada pertemuan dua arus jalan dari Tol Trans Jawa dengan Tol Cipularang di KM 67 Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu agar dapat menunda waktu balik ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan. Pihaknya memberikan potongan harga kepada masyarakat yang balik ke Jabodetabek pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4) sebesar 20 persen.

Ia mengatakan Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapan berkendara sebelum melakukan perjalanan. Mulai dari di memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima.

"Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pihaknya mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan," katanya.

Pantauan Tim Susur Mudik Antara di Gerbang Tol Cikampek Utama pada pukul 02.00 WIB arus lalu lintas dari GT Kalikangkung Jawa Tengah berjalan dengan aman dan lancar.

Kepadatan terjadi karena antrean pengendara yang melakukan tap ini di gardu GT Cikampek Utama tersebut. Total ada 28 gardu yang dibuka Jasa Marga untuk melayani pemudik yang melakukan tap ini.

Terpopuler