19 Ribu Wisatawan Serbu Kebun Binatang Surabaya di Hari Ketiga Lebaran

Red: Ani Nursalikah

Ahad 14 Apr 2024 23:52 WIB

Warga memberi makan jerapah di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur. Foto: Antara/Didik Suhartono Warga memberi makan jerapah di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 19 ribu wisatawan telah berkunjung ke destinasi pariwisata Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat H+3 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah atau Lebaran 2024, Ahad (14/4/2024).

 

Baca Juga

"Berdasarkan informasi terbaru jumlah total pengunjung KBS hari ini mencapai 19 ribu orang," kata Kepala Seksi Humas KBS Lintang Ratri Sunarwidhi.

 

Lintang menyatakan wisatawan yang menghabiskan masa libur momen Idul Fitri masih didominasi warga Kota Surabaya. Dia memperkirakan jumlah wisatawan asal daerah setempat jumlahnya mencapai 13.300 orang atau 70 persen dari total keseluruhan pengunjung.

 

"Kami melihat tadi kendaraan yang terparkir kebanyakan plat nomornya L," ucapnya.

 

Wisatawan, kata dia paling banyak datang ke lokasi wisata yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS), pada pukul 10.00 sampai 13.00 WIB. Sedangkan untuk kawasan di KBS yang mengundang daya tarik bagi wisatawan adalah pada zona primata. Kemudian kandang gajah, unta, jerapah, dan harimau.

 

"Di jam tersebut sekitar 11 ribu wisatawan. Prediksi puncak kunjungannya hari ini," ujar dia.

 

PDTS selaku pengelola KBS disebutnya telah melaksanakan berbagai upaya pengamanan untuk mencegah pembludakan pengunjung maupun kemacetan, dengan berkoordinasi bersama petugas kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), hingga Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

 

"Kalau dari internal jadwal dari tiga kami ubah menjadi dua, namun petugas yang disiagakan per shift 15 orang," kata dia.

 

Sementara, salah seorang wisatawan asal Kota Padang, Sumatera Barat bernama Anisa Srihana mengatakan sengaja datang ke KBS untuk menikmati momen libur Lebaran. "Saya tidak mudik, ke sini jalan-jalan sama keluarga karena di Surabaya saya tahunya banyak tempat wisata yang bagus," ujarnya.

 

Anisa menyatakan kunjungannya ini bukan kali pertama dilakukan. "Dulu pernah tetapi waktu saya masih kecil dan sekarang ke sini lagi," ujarnya.

 

Selain Anisa, juga ada wisatawan asal Kota Surabaya bernama Siti Kurnia Indrayanti yang menyebut hampir dua minggu sekali berkunjung ke KBS. Ini lantaran harga tiket tergolong terjangkau.

 

"Tiketnya Rp 15 ribu per orang, selain kondisi lingkungannya asri dan bersih jadi nyaman," ucap dia.

 

Selain itu, satwa koleksi KBS menghadirkan daya tarik tersendiri di matanya, khususnya gajah. "Seringnya ke sini lihat gajah, langsung di depan kandangnya," tuturnya.

Terpopuler