Ribuan Wisatawan Kunjungi Wisata Pantai Ngurbloat Maluku Tenggara

Red: Ani Nursalikah

Ahad 14 Apr 2024 23:32 WIB

Pengunjung menikmati Objek wisata Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku saat libur hari raya Idul Fitri 1445 H. Foto: Pengelola Objek wisata Ngurbloat Pengunjung menikmati Objek wisata Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku saat libur hari raya Idul Fitri 1445 H.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Objek wisata Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, dikunjungi ribuan wisatawan domestik dan mancanegara selama libur Lebaran 2024.

"Jumlah pengunjung pantai Ngurbloat meningkat sejak awal April 2024 mencapai 20.000 pengunjung, jumlah ini meningkat di libur Lebaran," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Ngilngof, Ronald Tethool, Ahad (14/4/2024).

Baca Juga

Pengunjung umumnya merupakan warga lokal kabupaten Malra dan Kota Tual, tetapi ada juga yang dari luar daerah, seperti Ambon dan kabupaten lainnya. Selain itu pengunjung juga dari Jakarta, Papua yang memanfaatkan libur Lebaran, dan wisatawan mancanegara.

"Rata-rata pengunjung adalah warga Kabupaten Malra dan Kota Tual serta wisatawan lokal, nasional dan manca negara," katanya.

Karcis masuk objek wisata pantai Ngurbloat Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan roda empat Rp 20.000. Sejumlah fasilitas juga disiapkan pengelola berupa permainan banana boat, selancar dayung atau paddle board, maupun cottage untuk menginap.

Homestay di Desa Wisata Ngilngof mayoritas berupa cottage. Desa Wisata Ngilngof memiliki 57 cottage yang terbagi atas 42 homestay di lokasi wisata pantai Ngurbloat dan 15 lainnya berada di area permukiman warga.

Pantai Ngurbloat ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni memiliki bentangan pasir putih serta butiran pasirnya yang dikenal terhalus di dunia.

Sajian kuliner yang bisa dinikmati pengunjung antara lain pisang goreng yang dilapisi tepung embal, keladi goreng, singkong goreng, dan sukun goreng, serta olahan masakan siput, dan masakan sayuran lokal.

Lokasinya yang dekat dengan Ibu Kota Kabupaten Malra, hanya membutuhkan waktu tempuh 15 menit menggunakan kendaraan roda dua, dan harga karcis yang sangat terjangkau membuat banyak warga mengunjungi lokasi tersebut.

Selain Ngurbloat, objek wisata yang terdapat di Malra antara lain Goa Hawang di desa Letvuan, pemandian air tawar di desa Evu, Pantai Ohoililir dan Resort Ohoililir, dan Pantai Oheidertavun.

Terpopuler