Pj Walkot Bandung: Pengelolaan Sampah Selama Libur Lebaran Terkendali

Red: Bilal Ramadhan

Senin 15 Apr 2024 08:05 WIB

Petugas berupaya mengangkat sampah yang memenuhi gorong-gorong di daerah Ledeng, Kota Bandung. Pj Walkot Bandung sebut pengelolaan sampah selama libur lebaran sudah terkendali. Foto: Edi Yusuf/Republika Petugas berupaya mengangkat sampah yang memenuhi gorong-gorong di daerah Ledeng, Kota Bandung. Pj Walkot Bandung sebut pengelolaan sampah selama libur lebaran sudah terkendali.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono memastikan pengelolaan sampah harian selama masa libur Lebaran 2024 terkendali berkat dukungan seluruh elemen masyarakat di Kota Kembang.

“Saya sangat mengapresiasi peran aktif warga Kota Bandung dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah. Menunjukkan bahwa manajemen sampah di Kota Bandung berjalan dengan baik," kata Bambang di Bandung, Ahad (14/4/2024).

Baca Juga

Bambang mengatakan hal tersebut menjadi bukti bahwa pengelolaan sampah di Kota Bandung terus berkelanjutan dan tidak mengalami penurunan kualitas.

“Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari warga, diharapkan Kota Bandung dapat terus menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan,” kata dia.

Sebelumnya, Bambang telah mengimbau kepada masyarakat untuk meminimalisir pembuangan sampah. Sebab tempat pemrosesan akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat tutup selama Lebaran.

“Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari warga, diharapkan Kota Bandung dapat terus menjadi contoh dalam pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan,” katanya.

Adapun Pemkot Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung telah menyiagakan sebanyak 1.103 personel selama libur Lebaran untuk memastikan Kota Kembang termasuk masjid-masjid besar, lokasi wisata dan area publik tetap bersih.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Dudy Prayudi menyampaikan 1.103 personel tersebut telah disebar di berbagai titik keramaian warga terutama di wilayah, masjid, pedagang kaki lima (PKL), dan tempat wisata.

“Dengan strategi yang terencana dengan baik dan kerja sama yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, Kota Bandung mampu dapat menjaga kebersihan lingkungan serta menciptakan suasana yang nyaman dan bersih selama perayaan Idul Fitri 1445 H,” katanya.

Terpopuler