Antisipasi Kepadatan, Bandara Halim Perketat Layanan Pengambilan Bagasi

Red: Friska Yolandha

Ahad 14 Apr 2024 21:35 WIB

Pemudik mengantre memasuki gate keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/4/2024). Pada H-4 Idul Fitri 1445 H, KSO Bandara Halim Perdanakusuma mencatat peningkatan jumlah pengguna transportasi udara sebanyak 9.000 - 10.000 penumpang dibandingkan hari sebelumnya, dan diprediksi puncak arus mudik di Bandara Halim Perdanakusuma terjadi pada H-2 dan H-1 lebaran Idul Fitri 1445 H. Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta Pemudik mengantre memasuki gate keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/4/2024). Pada H-4 Idul Fitri 1445 H, KSO Bandara Halim Perdanakusuma mencatat peningkatan jumlah pengguna transportasi udara sebanyak 9.000 - 10.000 penumpang dibandingkan hari sebelumnya, dan diprediksi puncak arus mudik di Bandara Halim Perdanakusuma terjadi pada H-2 dan H-1 lebaran Idul Fitri 1445 H.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Halim Perdanakusuma memperketat waktu pengambilan bagasi untuk mengantisipasi kemungkinan kepadatan penumpang di pintu kedatangan selama arus balik Lebaran 2024. Pengetatan dilakukan mulai dari pesawat hingga penumpang sampai di area pengambilan bagasi.

"Mulai dari pesawat sampai penanganan untuk bagasi itu harus diperketat lagi. Jadi, enggak bisa lebih dari 15 menit," kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma Nadia Putri Andrian di Jakarta, Ahad (14/4/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan Bandara Halim mengupayakan penanganan pengambilan bagasi penumpang secara tepat sesuai aturan yang telah ditetapkan. Upaya tersebut dilakukan bekerja sama dengan sejumlah pihak guna mengantisipasi kepadatan jumlah penumpang yang datang di Bandara Halim sehingga tidak ada antrean panjang selama pengambilan bagasi.

Pengetatan layanan dilakukan mulai dari pesawat sampai di bandara, ketika penumpang turun, sampai ketika penumpang tiba di area pengambilan bagasi. "Jadi, harus tepat pada level of service yang sudah ditentukan oleh bandara. Jangan ada kemunduran waktu," kata Nadia.

Selain memperketat waktu pengambilan bagasi, Bandara Halim juga bekerja sama dengan sejumlah moda transportasi darat untuk menambah jumlah armada yang membantu mengantarkan para penumpang sampai ke tempat tujuan.

Nadia juga mengimbau para penumpang yang datang di Bandara Halim untuk menggunakan moda transportasi darat yang bekerja sama dengan bandara agar tidak menemui masalah keamanan.

"Jadi, penting untuk tetap menggunakan taksi atau transportasi darat yang bekerja sama dengan bandara, yang sudah disediakan bandara," kata Nadia menambahkan.

Dia juga mengimbau para penumpang agar tetap menggunakan masker, membatasi komunikasi serta menjaga jarak aman untuk menjaga kesehatan selama perjalanan.

 

Terpopuler