Rekayasa Lalin Contraflow Kembali Diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek

Red: Nashih Nashrullah

Ahad 14 Apr 2024 16:27 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik memperlambat laju kendaraanya  saat memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024) dini hari.  Volume kendaraan yang melintasi gerbang tol tersebut mengalami peningkatan seiring pemberlakuan skema lalu lintas contraflow dan one way di jalan Tol TransJawa. Foto: Republika/Prayogi Sejumlah kendaraan pemudik memperlambat laju kendaraanya saat memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024) dini hari. Volume kendaraan yang melintasi gerbang tol tersebut mengalami peningkatan seiring pemberlakuan skema lalu lintas contraflow dan one way di jalan Tol TransJawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) menyampaikan rekayasa lalu lintas contraflow kembali diterapkan di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk mengurai peningkatan volume lalu lintas pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 2024.

Contraflow diberlakukan untuk mengurai peningkatan volume lalu lintas pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, ini atas diskresi dari pihak kepolisian,” kata VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo dalam keterangan di Jakarta, Ahad (14/4/2024).

Baca Juga

Ria menyampaikan rekayasa lalu lintas yang diberlakukan berupa contraflow dua lajur mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 13.14 WIB.

Oleh karena itu, Ria mengimbau agar kendaraan arah Jakarta serta pengguna jalan untuk mematuhi rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Selain itu Ria juga mengimbau untuk memastikan pengemudi dalam kondisi prima, tidak membawa penumpang dan barang melebihi batas muatan, tidak masuk ke lajur contraflow apabila dalam kondisi lelah dan segera beristirahat di rest area terdekat.

Apabila dalam kondisi lelah dan segera beristirahat di "rest area" terdekat.

"Jangan mendahului kendaraan di lajur contraflow dan tidak berkendara secara 'zig-zag' serta menyalakan lampu kendaraan pada siang hari saat memasuki lajur tersebut," kata dia

Selain itu, pihaknya mengingatkan agar pengguna jalan juga dapat memastikan saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di 'rest area".

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata dia.

Dia juga mengingatkan agar pengendara tidak mendahului kendaraan di lajur contraflow dan tidak berkendara secara zigzag serta menyalakan lampu kendaraan pada siang hari saat memasuki lajur contraflow.

“Selanjutnya agar pengguna jalan juga dapat memastikan saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," ujar dia. 

Ria menambahkan pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini. 

Terpopuler