Polri Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Besok atau Lusa

Rep: Ali Mansur/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sabtu 13 Apr 2024 21:43 WIB

Petugas kepolisian berjaga mengatur lalu lintas pemudik bersepeda motor di pintu keluar Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten, Sabtu (13/4/2024). Polda Banten melakukan pengawalan untuk pemudik sepeda motor dari pelabuhan Merak pada arus balik mudik sebagai upaya pengamanan bagi pemudik terutama untuk yang membawa anak hingga ke lokasi transit. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas Petugas kepolisian berjaga mengatur lalu lintas pemudik bersepeda motor di pintu keluar Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten, Sabtu (13/4/2024). Polda Banten melakukan pengawalan untuk pemudik sepeda motor dari pelabuhan Merak pada arus balik mudik sebagai upaya pengamanan bagi pemudik terutama untuk yang membawa anak hingga ke lokasi transit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memprediksi puncak arus balik libur Lebaran atau hari raya Idul Fitri 1445 hijriah terjadi mulai pada hari Ahad (14/4/2024) besok atau hari Senin (15/4/2024). Hal ini berdasarkan dari data dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. 

"Data dari Korlantas Polri bahwa puncak arus balik diprediksi mulai hari Ahad, 14 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divsi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada awak media, Sabtu (13/4/2024).

Trunoyudo mengimbau agar masyarakat melakukan perjalanan arus balik lebih awal. Tentunya harus sesuai dengan kondisi dan pemberlakuan rekayasa lalu lintas, agar  perjalanan aman dan lancar. Dia juga menyarankan pemudik untuk memastikan kesehatan fit dan kendaraan dalam konfisi baik. Kemudian disarankan agar masyarakat beristirahat setelah mengemudi empat jam.

"Apabila kelelahan diharapkan tidak memaksakan diri serta maksimalkan mengemudi selama empat jam, kemudian dapat istirahat di rest area jalur tol atau keluar pada jalur arteri yang telah disediakan," tutur Trunoyudo.

Selain itu Trunoyudo menegaskan, selama arus balik pihaknya siap melayani dan mengamankan pemudik. Sehingga diharapkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) dapat terwujud dengan baik.

Terpopuler