Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM Arus Balik Idul Fitri 2024

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 13 Apr 2024 19:46 WIB

Pemudik mengisi BBM di salah satu SPBU di tol Trans Jawa (ilustrasi) Foto: Pertamina Patra Niaga Pemudik mengisi BBM di salah satu SPBU di tol Trans Jawa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pertamina Patra Niaga terus memonitor ketersediaan BBM di jalur-jalur krusial memasuki masa puncak arus balik, salah satunya dengan pengecekan langsung jalur Yogyakarta menuju akses tol fungsional Klaten. Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan, keandalan layanan saat arus balik sama pentingnya seperti arus mudik lalu.

“Melihat pergerakan saat arus mudik, kami di lapangan terus siaga memastikan BBM  tersedia bagi masyarakat. Berkaca pada arus mudik, tol fungsional Klaten menuju Yogyakarta ini menjadi salah satu jalur yang ramai dimanfaatkan pemudik,” terang Mars Ega, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga

Pada masa mudik lalu, terjadi peningkatan sekitar 39 persen untuk konsumsi BBM gasoline di jalur Sragen menuju Yogyakarta. Selain mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM, Mars Ega mengatakan, pihaknya juga menyiagakan dua motorist Pertamina Delivery Service (PDS), satu berada di gate fungsional Banyudono-Boyolali dan satu bersiaga di exit Ngawen-Klaten.

“Terjadi lonjakan konsumsi BBM, sedangkan di tol fungsional ini belum ada akses SPBU, di sinilah manfaat motorist hadir. Saat arus mudik lalu, ada tiga pemudik yang dibantu oleh layanan motoris kami,” lanjut Ega.

Mars Ega juga melakukan pengecekan di beberapa rest area di wilayah Sragen. Menurutnya, SPBU di rest area perbatasan seperti Sragen ini sangat strategis karena berada di tengah perjalanan arus balik dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

“Kami pastikan stok di SPBU rest area tersedia, mobile storage (mobil tanki standby berisi BBM) juga masih kami siagakan. Kami imbau pemudik juga terus mengecek BBM-nya dan upayakan selalu terisi penuh ketika bisa mengisi, dan jika darurat butuh BBM ditengah perjalanan, silahkan hubungi 135,” kata Mars Ega.

Terpopuler