Pengunjung Kebun Binatang Ragunan Membludak, Jalan Arah Ragunan Macet Parah

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 13 Apr 2024 19:21 WIB

Kemacetan parah terjadi di Jalan Harsono RM arah Kebun Binatang Ragunan pada H-3 Hari Raya Idul 1445 Hijriah, Sabtu (13/4/2024). Foto: Republika/Ali Mansur Kemacetan parah terjadi di Jalan Harsono RM arah Kebun Binatang Ragunan pada H-3 Hari Raya Idul 1445 Hijriah, Sabtu (13/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kemacetan parah terjadi di Jalan Harsono RM arah pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Sabtu (13/4/2024) pada pukul 12.30 WIB. Kendaraan mulai tersendat traffic light Pertanian menuju pintu masuk utama kebun binatang Ragunan. Hal itu terjadi karena banyak pengendara yang hendak berwisata ke kebun binatang Ragunan tersebut. 

Pihak kepolisian pun telah melakukan antisipasi agar kemacetan tidak semakin mengular dengan melakukan rekayasa lalu lintas. Polisi memasang barier di traffic light menuju Jalan Harsono RM, sehingga pengendara dari arah Jalan Warung Jati Barat tidak bisa langsung melewati traffic light untuk menuju ke kebun binatang Ragunan, kecuali bus TransJakarta. Sehingga pengunjung yang menggunakan sepeda motor dan kendaraan pribadi harus berputar balik di kolong Jagakarsa terlebih dulu.

Baca Juga

“Macetnya panjang dari lampu merah itu. Mana panas mentereng,” keluh Lina (24 tahun)  pengunjung kebun binatang Ragunan asal Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2024).

Hal senada juga disampaikan oleh sepasang kekasih asal Ciputat yang memutuskan membatalkan kunjungan ke kebun binatang Ragunan. Dia mengaku sudah lelah dan kepanasan akibat macet. Sehingga mereka memutar arah untuk kembali ke Ciputat. Awalnya mereka ke kebun binatang untuk mencari suasana yang asri dan teduh. 

“Belum (masuk kebun binatang). Saya putar balik gak jadi udah kesel duluan,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang mengatakan hari ini, Sabtu (13/4/2024) pengunjung kebun binatang Ragunan membludak. Hingga pukul 16.00 WIB sebanyak 104.393 pengunjung bertamasya ke kebun binatang Ragunan. Dari ratusan ribu pengunjung itu, sebanyak 6.673 membeli tiket secara online dan 97.720 on the spot atau offline. 

“Betul hari ini merupakan jumlah pengunjung tertinggi sejak tiga hari lebaran,” ungkap Wahyudi, saat dikonfirmasi Republika.co.id, 

 

Terpopuler