Pesta Pantai Sasak Pasaman Barat Dongkrak Kunjungan Wisatawan Saat Lebaran

Red: Erdy Nasrul

Sabtu 13 Apr 2024 08:00 WIB

Sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten, Kamis (11/4/2024). Kemacetan kendaraan yang didominasi kendaraan wisatawan sepanjang sekitar lima kilometer tersebut terjadi di jalur menuju kawasan wisata pantai Carita. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas Sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua terjebak kemacetan di Pandeglang, Banten, Kamis (11/4/2024). Kemacetan kendaraan yang didominasi kendaraan wisatawan sepanjang sekitar lima kilometer tersebut terjadi di jalur menuju kawasan wisata pantai Carita.

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG EMPAT -Pesta pantai di Pantai Sasak Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat diminati para pengunjung pada H+1 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga masing-masing.

"Pengunjung mulai mendatangi Pantai Sasak sejak hari kedua lebaran kemarin. Hari ini sudah mulai ramai. Kita memprediksi puncak kunjungan akan terjadi pada Minggu 14 April," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Afrizal di Simpang Empat, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ia menjelaskan, Pantai Sasak juga mengadakan pesta pantai atau pesta rakyat di Pohon Seribu dan Muaro Sasak, yang telah dibuka secara resmi pada Kamis (11/4) dan berlangsung hingga Ahad (14/4).

Menurutnya, pada pembukaan pesta pantai itu sekitar 1.500 tiket telah terjual pada hari pertama acara.

Ia menyebutkan, pesta pantai akan menambah nilai ekonomi masyarakat lokal, terutama bagi pelaku UMKM. 

Harga tiket masuk untuk pengunjung anak-anak Rp5.000, sementara untuk pengunjung dewasa Rp10.000 per orang.

Bagi para pengunjung yang datang ke Pantai Sasak tersebut telah tersedia tempat parkir yang tidak dipungut biaya.

Selain itu, demi suksesnya acara tersebut, Afrizal mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan dan keindahan di objek wisata tersebut. 

Sementara itu, Sekretaris Camat Sasak Irman, menyampaikan ucapan terima kasih dan berharap acara tersebut berjalan sukses hingga akhir.

Wali Nagari atau Kepala Desa Sasak Zulwilson juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemkab Pasaman Barat, Polres, Dandim, dan masyarakat dengan terlaksananya pesta pantai itu. 

Ia berharap acara tersebut dapat memberikan keberkahan dan menjadi momen indah bagi pengunjung yang datang ke Pantai Sasak.

"Kepada para pedagang yang berjualan di sekitar Pantai Sasak untuk menyediakan tempat sampah, agar sampah tidak berserakan dan pantai tetap terjaga keindahannya," kata Ketua Panitia Pesta Pantai Sasak, Aciak Masril. 

Terpopuler