Ramadhan Berlalu, Ini 5 Tips Tetap Istiqamah Jalankan Ibadah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 13 Apr 2024 05:05 WIB

Penyandang tuna netra membaca Al Quran braille di mushala Sekolah Luas Biasa (LSB)-A Yayasan Pendidikan Tuna Netra (YPTN) Mataram, NTB, Kamis malam (21/3/2024). Foto: ANTARA FOTO/Dhimas Budi Pratama Penyandang tuna netra membaca Al Quran braille di mushala Sekolah Luas Biasa (LSB)-A Yayasan Pendidikan Tuna Netra (YPTN) Mataram, NTB, Kamis malam (21/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan telah berlalu. Kini saatnya untuk menjaga agar senantiasa istiqamah melaksanakan berbagai amal shaleh di bulan-bulan selanjutnya. Sikap dan perbuatan seorang Muslim setelah Ramadhan sejatinya merupakan cerminan keberhasilannya dalam melewati bulan suci itu.

Jika suatu perbuatan baik diikuti dengan perbuatan baik lainnya, orang tersebut termasuk orang yang berhasil berkomitmen meraih pencerahan spiritual sepanjang Ramadhan. Lantas bagaimana caran dan apa saja tips untuk tetap istiqamah melaksanakan amal shalih setelah Ramadhan berlalu?

Baca Juga

1. Melaksanakan puasa sunnah

Dilansir About Islam, disebutkan bahwa tidak ada waktu puasa yang lebih baik daripada Ramadhan, karena itulah rukun Islam mengharuskan setiap Muslim untuk melakukan puasa tersebut selama sebulan penuh.

Namun, puasa juga bisa dilaksanakan sepanjang tahun, yakni dengan melaksanakan puasa sunnah. Pertama dimulai pada enam hari bulan Syawal paling awal pada tanggal 2 bulan Syawal.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan lalu mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia berpuasa seolah-olah ia berpuasa seumur hidup." (HR. Muslim)

Selanjutnya, ada peluang untuk berpuasa sepanjang tahun: Puasa tiga hari dalam sebulan sama dengan puasa selamanya. (Al-Bukhari dan Muslim)

Nabi Muhammad SAW biasa berpuasa...

Terpopuler